Sebelumnya dikabarkan bahwa  Di Windows 11, Microsoft Word Dapatkan Efek Blur, efek tersebut bukanlah Aero Effect seperti yang ada di Windows Vista dan 7, dan bukan juga Fluent Design yang sudah kita kenal di Windows 10.

Dilansir dari halaman Resminya, Efek yang dihadirkan di Windows 11 adalah bernama Mica Effect, dimana Mica Effect ini kurang lebih mirip seperti pendahulunya yaitu semacam efek blur namun lebih dioptimalkan dan menjadi bagian dari peningkatan visual Windows 11, transparansi yang diberikan cukup bervariasi dan berbeda dengan Aero Effect di Windows Vista dan Windows 7 dan Fluent Design di Windows 10, dimana Mica tidak memberatkan pemakaian GPU pengguna.

Nah kurang lebih tampilan Mica Effect akan seperti pada gambar diatas, dimana menurut saya tampilan blurnya lebih halus dan lebih modern dibandingkan fluent design di Windows 10. Selain itu, bukan hanya pada sejumlah aplikasi utama saja Mica Effect ini akan dihadirkan, berdasarkan informasi yang beredar, Mica Effect akan menjadi bagian dari Title bar setiap aplikasi Windows nantinya.

Tentu ini mengingatkan kita pada Windows Vista atau Windows 7 yang memberikan efect transparan pada Title bar setiap Window yang terbuka, dan berbeda dengan tampilan Aero dulu, Mica lebih mirip dengan Fluent Design Windows 10 yang memiliki tampilan transparan yang lebih halus.

Yang menjadi pertanyaan banyak orang, apakah benar nanti Mica Effect ini tidak akan memberatkan performa perangkat?, karena sama halnya dengan pertama kali Fluent Design diperkenalkan di Windows 10, katanya efek blur tersebut tidak memberatkan system, namun pada kenyataannya ada sedikit penurunan performa ketika Fluent Design diaktifkan pada perangkat tertentu di Windows 10.

Untuk saat detail mengenai Mica Effect masih menjadi misteri, jadi mari kita lihat bagaimana kedepannya, apakah Mica Effect ini akan menjadi Hit dan menjadi bagian populer Windows 11, ataukah tidak sama sekali.

Komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.