Microsoft Bergabung dengan Linux untuk Mengembangkan “R”

Siapa bilang Microsoft, Linux Foundation, dan Google selalu bermusuhan? Tidak. Dalam beberapa hal mereka juga bekerja bersama untuk mengembangkan suatu teknologi.

Sama seperti Microsoft yang baru saja bergabung dengan R Consortium yang didirikan Linux Foundation, bersama-sama dengan perusahaan lain seperti Google dan Oracle mereka akan terus mengembangkan bahasa “R”.

“R” adalah bahasa dan environment untuk statistik graphic dan computing. Bahasa “R” inilah yang sering digunakan oleh perusahaan besar untuk data science platform mereka.

Dengan bergabungnya Microsoft di R Consortium, maka kedepannya Microsoft bakal membantu developer, data scientist, serta pihak enterprise untuk mengembangkan R.

Bahkan dalam waktu dekat bakal ada banyak produk Microsoft yang built-in dengan R, terlebih saat ini Microsoft sedang berinvestasi di pengembangan solusi analitis advanced untuk cloud, on-premise, dan hybrid yang sepertinya juga bakal bermanfaat bagi pengembangan R selanjutnya.

Hubungan Microsoft, Linux Foundation, Google, Oracle, dan banyak perusahaan lain di R Consortium ini bakal menjadi simbiosis mutualisme, dimana R bakal terus berkembang dengan pendanaan dan fasilitas dari perusahaan tersebut, sedangkan Microsoft dan perusahaan lainnya bisa memanfaatkan teknologi dari bahasa R untuk kemajuan produk dan layanan mereka.

via microsoft

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.