Tidak banyak yang ditambahkan pada Windows 10 1909, bahkan sebagian orang tidak akan memperhatikan bahwa ada beberapa fitur baru yang memang ditambahkan, ya meski sedikit. Salah satu yang mungkin akan berbeda jika dibandingkan dengan edisi Windows 10 sebelumnya adalah, perubahan Setup Instalasi pada Windows 10 1909.

Bagi yang belum tahu, Windows 10 Setup dibagi menjadi dua bagian utama, yaitu offline interactive setup (yang dapat diotomatisasi oleh bisnis melalui scripting dan alat-alat lainnya) dan Out of Box Experience (OOBE), wizard interaktif untuk pelanggan. Nah jika kamu melakukan Clean instal Windows 10 Via USB, biasanya kamu harus berurusan dengan kedua bagian pengaturan tersebut. Tetapi biasanya jika kamu membeli PC baru dengan Windows 10 didalamnya atau kamu menggunakan Reset PC via Recovery Settings, kamu hanya perlu berurusan dengan OOBE.

Nah yang berubah pada Windows 10 1909 ini adalah OOBE, karena sekarang untuk Edisi Windows 10 Pro dan Home akan memiliki bagian OOBE yang berbeda.

Pada Windows 10 Pro masih memungkinkan kamu memilih antara akun Microsoft dan akun lokal, dan layar “Sign in with Microsoft” tidak berubah, jika kamu lebih suka menggunakan akun lokal, kamu harus mengklik link “Offline Account” di kiri bawah layar.

Apa yang berubah adalah ketika kamu memilih link ini, OOBE beralih ke pengaturan “Limited experience” yang baru setelah meminta kamu untuk sekali lagi mempertimbangkan kembali dan cukup menggunakan akun Microsoft. Dan Jika kamu menerima pengaturan limited experience ini, kamu seperti biasa akan diminta untuk membuat nama pengguna akun lokal dan secara opsional untuk mengisi kata sandi. Lalu, kamu akan melihat jumlah pilihan konfigurasi yang lebih terbatas daripada yang kamu miliki dengan akun Microsoft. Kamu juga akan diminta tentang Timeline History, Cortana, dan pengaturan privasi kamu saja.

Sedangkan pada Windows 10 Home, setup yang diberikan lebih mendalam lagi. Pertama kamu harus berurusan dengan Cortana Scatting. Memang pada Windows 10 Pro, fitur ini (yang selamat datang itu) dihilangkan, tapi masih ada di Windows 10 Home.

Dan yang lebih buruk lagi, dibandingkan dengan Windows 10 Pro, kamu bahkan tidak lagi ditawari link “Offline Account”, saat kamu masuk ke halaman “Sign in with Microsoft”, Jika kamu terhubung ke jaringan sebelum di OOBE, opsi ini gak akan muncul. Jadi pastikan dulu bagi kamu pengguna Home, sampai instalasi selesai, jangan hidupkan koneksi internet.

sudah tidak ada Offline account di Windows 10 Home Setup

Dan setelah kamu masuk dengan Offline Account (tidak terkoneksi ke jaringan), kamu akan dihadapkan dengan pilihan yang menyarankan kamu untuk mengkoneksikan Windows 10 kamu dengan Microsoft Account, tapi kabar baiknya, kamu bisa memilih menggunakan limited setup. Klik saja Continue with limited setup.

Setelah itu, Kamu juga akan diminta tentang Timeline History, Cortana, dan pengaturan privasi kamu saja.

Tapi ada satu lagi!, jika kamu tidak menggunakan koneksi jaringan selama OOBE, kemudian kamu terhubung ke jaringan setelah setup selesai, tiba tiba akan muncul pilihan notifikasi untuk menyelesaikan instalasi, dan kampretnya, disini tidak ada tombol close selain menekan tombol OK.

Dan lagi lagi kita diminta untuk mengkoneksikan Windows 10 dengan Microsoft Account. Disini kita untungnya bisa menemukan pilihan Skip for now dipojok kiri bawah.

Nah itu saja mungkin yang berubah pada proses clean instal Windows 10 1909, bagi kamu pengguna Windows 10 Pro, saya rasa tidak akan menjadi masalah meskipun kamu terkoneksi ke Internet, hanya saja untuk pengguna Windows 10 Home, dan kamu ingin menggunakan Local Account, pastikan kamu mematikan koneksi internet atau jangan menghubungkannya, karena prosesnya malah lebih ribet dibandingkan sebelumnya.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? apakah kamu sudah mencoba untuk melakukan clean instal Windows 10 1909? silahkan berikan komentarmu dibawah guys.

Via : Thurrot

  Laptop Paling Canggih..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.