Sebelumnya sudah dikabarkan bahwa Microsoft Defender Segera Hadir di Android dan iOS, yang mana merupakan salah satu langkah besar yang dibuat Microsoft. Menarik lagi, beberapa waktu lalu mereka akhirnya mengumumkan bahwa Microsoft Defender sudah tersedia juga untuk Linux dalam versi Public Preview.

Berdasarkan postingan blog terbarunya, Microsoft mengumumkan Microsoft Defender ATP ( Advanced Threat Protections ) yang kini hadir untuk sistem operasi Linux, yang mana mereka mengatakan :

“Today, we’re announcing another step in our journey to offer security from Microsoft with the public preview of Microsoft Defender ATP for Linux. Extending endpoint threat protection to Linux has been a long-time ask from our customers and we’re excited to be able to deliver on that.”

Berdasarkan informasi yang dijelaskan Microsoft, Antivirus ini tersedia untuk enam distro Linux yang berbeda, termasuk didalamnya ada Ubuntu 16 LTS (dan versi LTS yang lebih tinggi), Debian 9+, RHEL 7+, CentOS Linux 7+, SLES 12+, dan Oracle EL 7, hanya saja jika kita lihat dan perhatikan berdasarkan distro yang sudah disebutkan, Antivirus ini sepertinya tidak dimaksudkan bagi pengguna rumahan melainkan ditujukan bagi system administrator untuk memanajemen ancaman yang ditemukan didalam linux melalui Microsoft Defender Security Center.

Sedikit informasi mengenai antivirus ini, awalnya antivirus ini dikenal dengan “Windows Defender” ATP namun Microsoft mengubahnya menjadi “Microsoft Defender” ATP, yang mana bisa kita artikan bahwa kini Antivirus ini akan menjadi aplikasi lintas platform karena akan tersedia bukan hanya di Windows saja, melainkan di Android, iOS, Mac dan bahkan Linux.

Sumber Referensi : Microsoft, CNBC, Fonearena

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.