Dalam Windows 11 Insider Dev Build 25281 terbaru, ternyata ada satu fitur baru yang diam diam dihadirkan Microsoft, yaitu hadirnya dukungan ReFS yang diaktifkan di Windows 11.

Mengenai hal ini, dilansir dari leaker @XenoPhanter di Twitter, dengan mengaktifkan ID 42189933 di ViveTool ketika melakukan instalasi Windows 11, maka itu akan mengijinkan pengguna ntuk menginstall Windows kedalam partisi dengan format ReFS tanpa harus ada langkah tambahan.

ReFS sendiri atau lebih dikenal dengan Resilient File System adalah sebuah file system baru yang pertama kali diperkenalkan Microsoft ketika pertama kali meluncurkan Windows 8 pada tahun 2011 lalu, dengan ReFS, Microsoft menjanjikan akan ada lebih banyak ketahanan, performa dan dukungan ukuran data yang lebih tinggi. Namun mesipun begitu, sayangnya Microsoft membatasi dukungan ReFS hanya untuk SKU Windows 10 Pro atau Enterprise pada tahun 2017 lalu.

Nah ditahun 2023 ini, tampaknya semuanya akan berubah, dimana dukungan ReFS akan hadir di Windows 11 untuk umum, dan kemungkinan dimasa depan nanti, file system baru ini akan sepenuhnya menggantikan NTFS yang saat ini menjadi default file system untuk instalasi OS Windows.

Sementara itu, mendengar hal tersebut, pengguna @PhantomOfEarth ternyata berhasil mendapatkan Windows 11 yang berjalan dengan baik ketika menggunakan Windows 11 di ReFS, meskipun kabarnya dia sempat mendapatkan 1 GSOD ketika proses OOBE.

Nah bagaimana menurutmu? apakah ReFS ini akan benar benar menggantikan NTFS dimasa depan? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.