Fitur Tab Group Collapse yang diperkenalkan Google pada bulan Mei 2020 lalu pada Google Chrome Canary 85, kini dikabarkan juga meluncur untuk Microsoft Edge Chromium.

Meskipun bisa dibilang terlambat, karena Microsoft baru saja meluncurkan fitur ini di Edge Chromium Canary 89.0.722.0 dibandingkan dengan Google yang sudah memperkenalkan pada Google Chrome Canary 85, namun tentu itu lebih baik dibandingkan dengan tidak sama sekali, mengingat fitur ini akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang ingin lebih mudah mengatur tab yang terbuka pada browser.

Sama seperti ketika pertama kali diperkenalkan oleh Google, untuk pengguna yang ingin menggunakan fitur ini, pengguna bisa mengaktifkan flags experimental Tab Groups terlebih dahulu, selanjutnya pengguna harus mengaktifkan Tab Group Collapse, contohnya tepat seperti pada gambar dibawah.

Setelah dua fitur tersebut diaktifkan, pengguna bisa relaunch browser Edge, dan fitur harusnya sudah dapat digunakan.

Cara Penggunaan

Setelah fitur tersebut diaktifkan, jika kamu memasukan tab sebagai group pada tab di browser, kini kamu bisa klik pada icon warna yang menjadi pembeda dari setiap grup yang dibuat, dan setelah diklik, nanti tab dalam grup tersebut akan di collapse dan disembunyikan dibawah icon tersebut.

Tepat seperti pada video diatas, fitur ini tentu akan sangat bermanfaat untuk kamu yang sering membuka banyak tab sekaligus, sehingga untuk mengatur dan memanage setiap tab akan menjadi lebih mudah.

Sekali lagi perlu diperhatikan bahwa fitur ini untuk sekarang hanya tersedia di Microsoft Edge Chromium Canary 89.0.722.0 atau yang lebih baru saja, jadi masih membutuhkan banyak waktu sampai fitur ini diluncurkan untuk pengguna stable seperti biasa.

Nah bagaimana menurutmu mengenai fitur ini?, silahkan berikan pendapat dan komentarmu dibawah guys.

Via : Techdows

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.