Beberapa hari yang lalu, Microsoft telah merilis ekstensi baru untuk Google Chrome dan Mozilla Firefox yang seharusnya melindungi pengguna saat mengunjungi situs web yang berpotensi berbahaya.

Microsoft Merilis Extensi Windows Defender Untuk Google Chrome dan Firefox
Via : GHack

Windows Defender Application Guard, Extensi ini dibuat Microsoft dan saat ini masih tersedia untuk Insider, namun kamu sekarang sudah bisa mendownload dan mencobanya, meski ada beberapa batasan. Extensi ini memiliki peran yang sangat sederhana: memeriksa situs web yang kamu coba muat untuk menentukan apakah itu adalah link tepercaya atau tidak, Fungsinya mirip seperti Kaspersky Protections yang saya gunakan.

Jika link yang dimuat tidak terpercaya, ekstensi secara otomatis menjalankan instance Microsoft Edge yang berjalan di sandbox (saat ini masih tersedia untuk insider) yang berarti bahwa apa pun yang terjadi pada halaman setelah dimuat, ekstensi tidak dapat menjangkau data kamu.

“Ekstensi bergantung pada aplikasi asli yang kami bangun untuk mendukung komunikasi antara browser dan pengaturan Penjaga Aplikasi perangkat,” Microsoft menjelaskan.

Ada beberapa persyaratan yang perlu kamu lakukan untuk menginstal Extensi ini, seperti yang dijelaskan Microsoft, bahwa ekstensi itu dirancang untuk memberikan pengalaman yang mulus, jadi ketika pengguna mengarahkan browser ke situs web tepercaya, sesi sandbox secara otomatis dikembalikan ke pengaturan standar.

“Dalam sesi Microsoft Edge yang terisolasi, pengguna dapat dengan bebas menavigasi ke situs apa pun yang belum secara eksplisit didefinisikan sebagai dipercaya oleh organisasi mereka tanpa risiko apa pun terhadap seluruh sistem. Dengan kemampuan switching dinamis kami yang akan datang, jika pengguna mencoba untuk pergi ke situs tepercaya saat dalam sesi Microsoft Edge yang terisolasi, pengguna akan dibawa kembali ke browser default, ”Microsoft menjelaskan.

Setelah menginstal ekstensi browser, kamu akan melihat halaman arahan yang menjelaskan secara rinci bagaimana semuanya bekerja. Ekstensi secara otomatis memeriksa apakah semua prasyarat dipenuhi. Misalnya, ekstensi memindai perangkat untuk menentukan apakah itu kompatibel, aplikasi Application Guard companion app telah diinstal, dan fitur dihidupkan untuk perangkat Anda.

Microsoft Merilis Extensi Windows Defender Untuk Google Chrome dan Firefox

Extensi ini hanya tersedia untuk Windows 10, dan jika kamu menggunakan Windows 8.1 dan kebawahnya, tentu saja kamu tidak bisa menggunakan extensi ini, untuk mendownloadnya kamu bisa menggunakan link dibawah.

Download Extensi Chrome

Download Extensi Firefox

Download Microsoft Store Companion App atau Copy dan Paste pada address bar (ms-windows-store://pdp/?productid=9N8GNLC8Z9C8).

Perlu diingat, fungsi penuh dari Extensi ini hanya tersedia untuk pengguna Insider yang menjalankan Windows 10 1903, karena seperti yang kita ketahui fitur Windows Sandbox hanya tersedia di versi Windows tersebut. Baca Juga : Microsoft secara Resmi Mengumumkan Fitur Windows Sandbox. Apa Itu?.

Berikan pendapatmu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

Via : News Softpedia

  11+ Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Realme 3 Pro 

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.