Mengenai masalah pada tool chkdsk yang kemarin dilaporkan, baru baru ini Microsoft telah menambahkan sebuah known issues baru pada update KB4592438 yang dirilis pada 8 Desember kemarin, dimana tampaknya mereka telah menambahkan perbaikan terkait masalah chkdsk tersebut.

“This issue is resolved and should now be prevented automatically on non-managed devices.” Catat Microsoft dalam halaman Release note update KB4592438.

Ya, setidaknya itulah yang Microsoft katakan, untuk pengguna sebelumnya belum melakukan instalasi update tersebut dapat segera melakukan update untuk mendapatkan perbaikan.

*Perlu diperhatikan, meskipun begitu mungkin perbaikan yang paling optimal akan diberikan pada patch tuesday bulan Januari 2021 mendatang, jadi sampai saat itu diharapkan pengguna untuk masih tidak memasukkan perintah chkdsk c: /f atau menggunakan perintah chkdsk dengan menambahkan parameter /f.

Jika Perangkat Terlanjur Tidak Dapat Melakukan Boot

Nah jika pengguna sudah terlanjut tidak dapat melakukan boot dan Windows 10 mendapati kasus BSOD setelah memasukkan perintah chkdsk c: /f sebelumnya, pengguna bisa melakukan beberapa langkah yang direkomendasikan Microsoft berikut.

Langkah 1. Masuk ke menu Recovery Console atau Advanced Startup, kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk masuk ke menu tersebut atau biasanya ketika proses POST pengguna bisa menekan tombol F8 untuk masuk kesana.

Langkah 2. Pada menu Recovery Console, silahkan kamu klik Troubleshoot dan masuk ke Advanced Options.

Langkah 3. Di halaman Advanced Options, silahkan kamu pilih Command Prompt, dan silahkan kamu masukkan perintah berikut.

chkdsk /f

Silahkan tunggu proses scanning selesai, dan jika sudah silahkan kamu masukkan perintah exit untuk keluar dari command prompt.

Setelah langkah diatas berhasil dilakukan, menurut Microsoft perangkat kini harusnya sudah dapat booting dengan normal, namun jika perangkat kembali masuk ke Recovery Console, pengguna bisa pilih Exit and continue to Windows 10.

Nah jika kamu sebelumnya terkena masalah, mungkin langkah diatas bisa kamu jadikan acuan untuk memperbaikinya.

Untuk informasi lebih lengkap, kamu dapat melihat release note update KB4592438 berikut.

Nah silahkan dicoba dan semoga berhasil ya.

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.