Sebuah masalah lama yang sebenarnya sudah dilaporkan sejak 9 bulan lalu di Feedback Hub kini tampaknya telah muncul kembali dan menjadi penyebab masalah beberapa pengguna.

Mengenai hal ini, seperti dilansir dari Borncity, pengguna melaporkan bahwa mereka mengalami masalah yang menyebabkan BSOD ketika mereka melakukan disk scanning menggunakan perintah chkdsk C: /f, perintah tersebut harusnya melakukan pengecekan drive Windows, apakah ada kerusakan atau tidak, dan /f adalah parameter untuk melakukan perbaikan dengan segera seandainya dibutuhkan.

Hanya saja alih alih memperbaiki system, pengguna kemudian tidak dapat melakukan boot ke system operasi karena BSOD dengan pesan kesalahan “Stop error NTFS File System”.

Dilansir dari forum planet3Dnow, berdasarkan analisis yang pengguna lakukan dengan menggunakan perintah chkdsk e: /f, perintah tersebut ternyata memang merusak file system NTFS dan menjadikan Partisi menjadi RAW.

Sampai saat ini setidaknya Windows 10 20H2 dikabarkan terkena masalah, meski memang mungkin tidak semua pengguna mengalaminya.

Namun dengan adanya kabar ini, sampai ada informasi lebih lanjut dari Microsoft termasuk perbaikan yang mungkin akan dikirimkan bulan depan, diharapkan pengguna untuk tidak melakukan disk scanning menggunakan perintah chkdsk C: /f atau scanning chkdsk dengan menambahkan parameter /f untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Namun selain perintah tersebut, misalkan chkdsk c: atau chkdsk /spotfix c:, dilaporkan tidak mendapati masalah dan dapat dijalankan dengan lancar tanpa merusak file system.

Mengenai hal ini kamu bisa melihatnya pada halaman forum planet3Dnow berikut.

Via : Borncity, Planet3DNow

  ⚡️ OPPO Reno6 Indonesia: Unboxing + Hands on!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.