Microsoft Perkenalkan Metode Perbaikan System Dengan Windows Update di Windows 11 Build 25905

Awal tahun ini kita mendapatkan rumor bahwa ada sebuah opsi recovery baru yang hadir di Windows 11 Insider Dev Build 25284, dimana selain opsi untuk melakukan reset pada system Microsoft mulai memperkenalkan opsi untuk memperbaiki system melalui Windows Updates.

Waktu berlalu, dan kini pada Windows 11 Insider Build 25905, opsi tersebut akhirnya telah tersedia secara default dan bisa pengguna akses melalui halaman Settings > System > Recovery.

Dengan opsi ini, kita bisa bisa melakukan in place upgrade ke build yang sama tanpa harus menggunakan media instalasi terlebih dahulu seperti biasa.

Dengan opsi ini semua file, aplikasi dan settings akan dipertahankan, dan meskipun secara umum dapat dikatakan system telah di reinstall, namun semuanya akan tetap sama, dan opsi ini tentunya membutuhkan koneksi internet yang stabil agar bisa berjalan.

Opsi “Fix problems using Windows update” ini sendiri akan sangat bermanfaat seandainya pengguna mendapati error yang cukup menyebalkan dimana seperti adanya file system yang terhapus / hilang, terjadinya bsod dan mengharuskan pengguna masuk ke safe mode, dan lainnya, dimana tanpa lagi harus menggunakan media instalasi Windows 11, pengguna cukup masuk saja ke halaman Settings dan menggunakan opsi ini.

Nah bagaimana menurutmu mengenai fitur baru ini? komen dibawah guys dan apakah kamu akan suka?

Gylang Satria

Penulis, Pengguna Windows 11, Elementary OS, dan Iphone SE 2020. Tag @gylang_satria di Disqus jika ada pertanyaan.

Post navigation