Microsoft Perkenalkan Powershell 7! Apa Yang Baru

Microsoft mengumumkan PowerShell 7, sebuah perilisan besar baru, yang datang hanya beberapa hari setelah Microsoft memperkenalkan versi 6.2. Dari versi baru ini Microsoft menjelaskan dalam sebuah artikel blognya bahwa Upgrade ini semua adalah bagian dari upaya untuk menyelaraskan versi semua platform.

Ya karena seperti sebagian orang mengetahuinya, baru saja Powershell 6.2 Dirilis, dan bukannya merilis versi 6.3 malah versi 7 yang dirilis. Steve Lee, Manajer Insinyur Perangkat Lunak Utama, PowerShell, menjelaskan bahwa Microsoft memperhatikan pola penggunaan yang meningkat di Linux, tetapi tidak pada Windows.

“Penggunaan Windows belum tumbuh secara signifikan, mengejutkan mengingat PowerShell dipopulerkan pada platform Windows,” Lee menjelaskan.

“Kami percaya ini bisa terjadi karena pengguna Windows PowerShell yang ada memiliki otomatisasi yang tidak kompatibel dengan PowerShell Core karena modul, rakitan, dan API yang tidak didukung. Orang-orang ini tidak dapat memanfaatkan fitur baru PowerShell Core, peningkatan kinerja, dan perbaikan bug. Untuk mengatasi ini, kami memperbarui upaya kami menuju penggantian penuh Windows PowerShell 5.1 dengan rilis kami berikutnya. “

Versi PowerShell selanjutnya ini akan tersedia pada Windows, Linux, dan macOS, dan Microsoft menjelaskan update ini akan tersedia dengan LTS (Long Term Servicing) dan paket non-LTS. Versi pratinjau pertama PowerShel 7 diproyeksikan akan mendarat pada bulan Mei, tetapi detail lebih lengkapnya masih belum tersedia saat ini. Microsoft mengatakan tanggal peluncuran tergantung pada pekerjaan yang dilakukannya pada integrasi dan validasi PowerShell dengan .NET Core 3.0.

Peningkatan!

PowerShell Core 6.1 menghadirkan kompatibilitas dengan banyak modul PowerShell Windows bawaan, dan perkiraan Microsoft terkait peningkatannya adalah bahwa PowerShell 7 dapat mencapai kompatibilitas dengan 90% + dari modul inbox Windows PowerShell dengan memanfaatkan perubahan pada .NET Core 3.0 yang mengembalikan banyak API yang diperlukan oleh modul dibangun di atas .NET Framework sehingga mereka bekerja dengan .NET Core runtime. Sebagai contoh, Microsoft berharap Out-GridView kembali (hanya untuk Windows)!

Upaya signifikan untuk PowerShell 7 adalah porting basis kode PowerShell Core 6 ke .NET Core 3.0 dan juga bekerja dengan Windows partner teams untuk memvalidasi modul mereka terhadap PowerShell 7.

Lee juga mengungkapkan bahwa PowerShell 7 pada beberapa titik akan dimasukkan dalam Windows, dan akan ditawarkan secara berdampingan dengan Windows PowerShell 5.1. Namun Tidak ada spesifikasi lebih lanjut yang tersedia saat ini, karena Microsoft menjelaskan bahwa .NET Core Timeline masih tidak selaras dengan yang ada di Windows.

Berikan pendapatmu dikolom komentar dibawah, apakah kamu lebih suka Powershell apa Command Prompt? saya sih lebih suka Terminal di Linux! 😁.

Sumber : Microsoft

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.