Hari ini, sama seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel penjelasan patch tuesday, hari selasa kedua bulan ini Microsoft meluncurkan update cumulative yang akan memperbaiki beberapa masalah, bug dan lainnya.

Pada update cumulative ini diberikan untuk beberapa versi Windows 10, mulai dari Windows 10 1709 (Enterprise dan Education) sampai dengan Windows 10 1909. Dan berikut adalah changelog dari update yang diberikan.

Jika kamu menggunakan Windows 10 versi 1903 atau 1909, kamu akan mendapatkan KB4530684, yang menjadikan nomor build Windows menjadi 18362.535 atau 18363.535. Atau kamu dapat mendownloadnya secara manual di sini.

Windows 10 1903 dan 1909 (KB4530684)

  • Mengatasi masalah yang mungkin menyebabkan kesalahan 0x3B di cldflt.sys pada beberapa perangkat.
  • Mengatasi masalah yang mungkin mencegah pengguna membuat akun lokal menggunakan Input Method Editor (IME) untuk bahasa Cina, Jepang, atau Korea. Masalah ini terjadi ketika menyiapkan perangkat Windows baru dalam mode (OOBE).
  • Pembaruan keamanan untuk Windows Virtualization, Windows Kernel, Microsoft Scripting Engine, dan Windows Server.

Ada yang di highlight Microsoft yaitu:

  • Pembaruan untuk meningkatkan keamanan ketika Windows melakukan operasi dasar.

Windows 10 1809 (KB4530715)

Pengguna yang masih menggunakan Windows 10 1809 atau November 2018 Update, akan mendapatkan KB4530715 dan menjadikan Build OS menjadi 17763.914. Kamu bisa mendownloadnya secara manual disini.

  • Mengatasi masalah dengan pemrosesan data diagnostik saat perangkat memiliki pengaturan data Diagnostik diaktifkan dan diatur ke Dasar.
  • Mengatasi masalah di mana Microsoft Store mungkin gagal terbuka pada Windows Arm.
  • Pembaruan keamanan untuk Windows Virtualisasi, Kernel Windows, Periferal Windows, Mesin Scripting Microsoft, dan Windows Server.

Sekali lagi, ada yang dihighlight Microsoft, dan berikut diantaranya:

  • Pembaruan untuk meningkatkan keamanan ketika Windows melakukan operasi dasar.
  • Pembaruan untuk meningkatkan keamanan saat menggunakan perangkat eksternal (seperti pengontrol permainan dan kamera web).
  • Memperbarui masalah di mana Microsoft Store mungkin gagal terbuka pada Windows Arm.

Windows 10 1803 dan 1709 (Enterprise dan Education)

Seperti Windows 10 versi 1803, Windows 10 versi 1709 hanya didukung untuk Enterprise dan Education. Para pengguna akan mendapatkan KB4530714, yang akan membawa nomor build ke 16299.1565. Kamu dapat mendownloadnya secara manual di sini, dan changelog yang diberikan persis sama dengan update ke versi 1803. Perlu diketahui juga jika kamu masih menggunakan Windows 10 Mobile, Kamu juga akan mendapatkan update terakhir hari ini, karena akan tidak lagi didukung.

Windows 10 versi 1703 hanya didukung untuk Original Surface Hub, tetapi para pengguna akan mendapatkan KB4530711, yang akan membawa nomor build ke 15063.2224. Kamu juga dapat mendownloadnya secara manual di sini, dan berikut adalah changelognya:

  • Pembaruan untuk meningkatkan keamanan ketika Windows melakukan operasi dasar.
  • Pembaruan untuk meningkatkan keamanan saat menggunakan perangkat eksternal (seperti pengontrol permainan dan kamera web).

Inilah perbaikannya:

  • Mengatasi masalah dengan mengevaluasi status kompatibilitas ekosistem Windows untuk membantu memastikan kompatibilitas aplikasi dan perangkat untuk semua pembaruan Windows.
  • Pembaruan keamanan untuk Windows Virtualisasi, Kernel Windows, Periferal Windows, Mesin Scripting Microsoft, dan Windows Server.

Windows 10 1607 LTSC dan Windows Server 2016

Windows 10 versi 1607 hanya didukung melalui Long-Term Servicing Channel dan untuk Windows Server 2016, tetapi para pengguna akan mendapatkan KB4530689, menjadikan nomor build menjadi 14393.3384. kamu juga dapat mengunduhnya secara manual di sini. Dan berikut adalah changelog yang diberikan:

  • Pembaruan untuk meningkatkan keamanan ketika Windows melakukan operasi dasar.
  • Pembaruan untuk meningkatkan keamanan saat menggunakan perangkat eksternal (seperti pengontrol permainan dan kamera web).
  • Pembaruan untuk meningkatkan keamanan saat menggunakan perangkat input seperti mouse, keyboard, atau stylus.

Ada satu entri di bawah perbaikan dan peningkatan:

  • Pembaruan keamanan untuk Windows Server, Windows Peripherals, Windows Kernel, Windows Virtualization, Microsoft Scripting Engine, dan Windows Input and Composition.

Selain dari Perbaikan dan peningkatan keamanan, fitur dan bug, tentu saja akan ada masalah baru yang diketahui, dan berikut diantaranya:

  • Certain operations, such as rename, that you perform on files or folders that are on a Cluster Shared Volume (CSV) may fail with the error, “STATUS_BAD_ IMPERSONATION_LEVEL (0xC00000A5)”. This occurs when you perform the operation on a CSV owner node from a process that doesn’t have administrator privilege. (Hampir semua Versi Kena dengan ini)
  • After installing KB4493509, devices with some Asian language packs installed may receive the error, “0x800f0982 – PSFX_E_MATCHING_ COMPONENT_NOT_FOUND.” (Hanya Windows 10 1809, 1903 dan 1909 saja)
  • When setting up a new Windows device during the Out of Box Experience (OOBE), you might be unable to create a local user when using Input Method Editor (IME). This issue might affect you if you are using the IME for Chinese, Japanese, or Korean languages.Note This issue does not affect using a Microsoft Account during OOBE. (Hampir semua versi kena dengan ini)

Daftar Known issue hampir sama untuk setiap versi yang dikabarkan Microsoft, dan tentunya lengkapnya kamu bisa melihat pada link halaman update masing masing yang sudah saya sertakan dimasing masing versi.

Nah untuk kamu pengguna Windows 10 kamu tentunya akan ada beberapa orang yang gak akan langsung dapat update ini, kecuali kamu adalah Insider atau mengeceknya secara manual via Windows Update, sesuai dengan Zona Waktu Indonesia, sebagian besar akan mendapatkan update ini kurang lebih jam 1 pagi besok. Tapi saya sudah dapat kok. Jadi silahkan Check For Update via Windows Update.

Baca Juga : Apa itu Patch Tuesday di Windows 10? Berikut Penjelasannya!

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.