Microsoft Semakin Buas, Kini Berusaha Membeli AMD

Setelah berhasil membeli Nokia, Microsoft dikabarkan mulai mempertimbangkan untuk membeli BlackBerry. Yup, Microsoft memang tengah menjadi “buas” dalam berekspansi. Bahkan kini Microsoft dikabarkan aktif memberi penawaran untuk membeli AMD!

Microsoft memang tengah beralih dari sebuah perusahaan software menjadi perusahaan devices dan services. Untuk itulah mereka melakukan ekspansi besar-besaran, termasuk dengan membeli bisnis device Nokia. Kini tidak mengherankan jika mereka akhirnya berusaha untuk membeli AMD.

Ketertarikan Microsoft terjadap AMD ini dipicu karena mereka menjual Xbox yang mayoritas menggunakan Chip buatan AMD. Dengan dibelinya AMD maka Microsoft bisa lebih bebas dalam mengembangkan dengan Xbox, serta lebih menguntungkan karena mereka tak perlu berbagi profit dengan AMD.

 

Microsoft Mampu Membeli AMD dengan Mudah

Menurut pernyataan analis, saat Microsoft memiliki uang cash hingga 95.3 milyar dolar. Jumlah ini membuat Microsoft bisa membeli AMD yang hanya bernilai 1.81 milyar dolar dengan sangat mudah.

Membeli AMD bakal membuat Microsoft hemat beberapa milyar dolar per tahun, dibandingkan harus membayar AMD 100 dolar per Xbox One — dengan total hingga 1.26 milyar dolar per tahun dari 12.6 juta Xbox laku setiap tahunnya.

 

Lumia, Xbox, Surface Powered by AMD

Jika AMD berhasil dibeli, maka bukan tidak mungkin kedepannya Xbox, Lumia, dan Microsoft Surface bakal menggunakan chip hasil desain dan teknologi dari AMD. Artinya Microsoft bisa mengurangi besarnya dana yang mereka bayarkan ke Qualcomm untuk chip Lumia, ataupun Intel untuk chip Surface.

 

Membeli AMD Bisa Membuat Sony Kelabakan

Persaingan console game bisa dibilang hanya mengerucut Xbox vs PlayStation. Jika AMD berhasil dibeli Microsoft, maka mau tidak mau Sony sebagai kompetitor harus membayar kepada Microsoft untuk setiap PlayStation yang laku. Jika tidak mau maka mereka harus mengembangkan chip sendiri atau menggunakan teknologi chip dari perusahaan lain seperti Intel.

 

AMD Jadi Rebutan

AMD memang saat ini tidak begitu profitable lagi seperti dulu, tetapi beberapa teknologi chip buatannya masih garang bagi dunia gaming. Chip AMD ini masih menjadi andalan Xbox, PlayStation, maupun PC gaming powerful lainnya.

Kini perusahaan device mulai memperebutkan AMD, mulai dari Microsoft, Samsung, Qualcomm, Xilinx, hingga perusahaan microprocessor dari Tiongkok. Siapapun yang nantinya memiliki AMD berpotensi besar menguasai pasar gaming hardware.

 

Akankah Microsoft Berhasil Memiliki AMD?

Untuk saat ini baik AMD maupun Microsoft tidak ada yang berkomentar dengan berita ini. Tetapi jika tawaran Microsoft cukup menarik bagi AMD dan jajaran board nya, maka bukan tidak mungkin AMD bakal menjadi bagian dari divisi device Microsoft.

via kitguru

  Snapdragon PALING EXTREME  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.