Home News Microsoft Tengah Menyiapkan Perangkat Mobile Berbasis Windows 10 ARM

Microsoft Tengah Menyiapkan Perangkat Mobile Berbasis Windows 10 ARM

Berbasis Windows 10 ARM, perangkat mobile yang tengah dikerjakan Microsoft ini bukanlah sebuah smartphone biasa.

Microsoft Tengah Menyiapkan Perangkat Mobile Berbasis Windows 10 ARM
Concept by concept-phones

Sudah beberapa kali Microsoft menyatakan akan tetap berjibaku di ranah mobile. Satu hal yang terus mereka perkatakan, yaitu bahwa perangkat mobile mereka rilis selanjutnya tidaklah seperti smartphone saat ini. (Baca: Surface Mobile Tidak Akan Seperti Smartphone Saat Ini!)

Perangkat ini bukanlah sebuah perangkat mobile biasa. Hal ini juga didukung oleh munculnya paten perangkat mobile dengan dual-layar yang bisa ditekuk dan bisa digunakan untuk telepon layaknya smartphone. (Baca: Microsoft Patenkan Perangkat Layar Lipat, Inikah Surface Mobile)

Microsoft Patenkan Perangkat Layar Lipat: Inikah Konsep Surface Phone?

Kini dari dua sumber internal Microsoft yang terpercaya, Brad Sams menyatakan bahwa Microsoft tengah mengerjakan perangkat mobile berbasis ARM 64 yang akan menggunakan Windows 10 ARM. Perangkat mobile ini akan menggunakan CShell (Composable Shell) yang memungkinkan perangkat mobile bisa menjalankan full Windows 10 dengan tampilan yang tetap manis dan responsif.

Perangkat mobile ini bukan smartphone, tetapi bisa dipakai telepon seperti smartphone pada umumnya. Melihat dari trend inovasi Microsoft akhir-akhir ini, WinPoin sangat meyakini bahwa perangkat mobile terbaru buatan Microsoft ini adalah hybrid, misalnya saja sebuah tablet produktivitas yang bisa ditekuk menjadi smartphone — atau semacam itu.

Sama seperti seri Surface lainnya, Microsoft nampaknya hanya akan menjadikan perangkat mobile ini sebagai template dan acuan bagi OEM untuk merilis perangkat yang sama bagi konsumen. Jadi fokus mereka bukanlah produksi massal dan pemasaran ke seluruh dunia, melainkan memamerkan seperti apa kemampuan Windows 10 ARM dan memberi contoh kepada partner seperti apa perangkat yang bisa mereka rilis ke pasaran.

Entah kapan perangkat mobile ini dirilis dan diperkenalkan, karena setelah dihentikannya produksi dan pengembangan Lumia tepat di akhir tahun lalu, sampai sekarang Surface Mobile yang digadang-gadang akan menjadi penggantinya juga belum terlihat kemunculannya. (Baca: Bukan Surface Phone, Pengganti Lumia adalah Surface Mobile!)

Kita tunggu saja apakah nantinya akan muncul bocoran info — bahkan pengumuman resmi mengenainya. Karena perangkat mobile dengan codename Andromeda ini kabarnya berada langsung dibawah kendali Alex Kipman — yang juga aktif mengepalai pengembangan HoloLens. Jadi pengerjaan perangkat mobile ini nampaknya merupakan project yang cukup serius bagi Microsoft.

via bradsams (youtube)

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.