Sebuah kabar menarik hadir dari penggina Twitter CISOwithHoodie dimana dia memperhatikan bahwa Microsoft baru baru ini telah membuat perubahan yang sangat penting pada izin untuk exclusions di Microsoft Defender.

Nah bagi yang belum tahu, Sebelumnya, folder dan direktori yang di exclusions / dikecualikan dapat dilihat oleh “Semua Orang” , yang dapat dengan mudah diperoleh dengan registry editor: “HKLM\Software\Microsoft\Windows Defender\Exclusions”.

Namun karena mungkin hal ini cukup berbahaya karena bisa saja ada aplikasi atau aktor jahat yang memodifikasi hal tersebut dengan mudah, kini setelah pembaruan, akses tersebut sedikit dipersulit.

Jadi, jika ada akses ke Command Prompt dan akan masuk ke Registry key HKLM\Software\Microsoft\Windows Defender\Exclusions, nantinya akan muncul pesan kesalahan seperti berikut:

Selain itu untuk menambahkan daftar pengecualian di halaman Settings, nantinya kita akan membutuhkan akses Administrator, karena jika tidak maka halaman Exclusions akan tampil pesan kesalahan seperti berikut.

Kenapa hal ini bagus?

Jika ada yang bertanya seperti itu, tentu alasannya bagus loh, karena aktor jahat, malware dan lainnya tidak dapat dikecualikan secara otomatis oleh malware tersebut, sehingga keamanan akan menjadi lebih maksimal.

Dalam beberapa kasus, terkadang ada patch yang tiba tiba mengecualikan dirinya sendiri di daftar exclusions di Microsoft Defender, sehingga tentu saja itu menjadi celah keamanan yang bisa saja membahayakan perangkat kita.

Bagaimana menarik bukan?, sayangnya nih belum jelas bagaimana tepatnya Microsoft akan memberikan pembaruan ini, mungkin pembaruan akan dihadirkan melalui patch tuesday atau dalam update terpisah?, mari kita tunggu saja kabar resmi dari Microsoft.

Via : Neowin

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.