Sebagai salah satu user browser andalan milik Google yakni Chrome, tentu saja saya sangat menyambut baik kehadiran fitur night mode yang sudah sangat lama sekali dinantikan kehadirannya di browser sejuta umat tersebut. Tapi nyatanya, fitur night mode di Chrome masih useless (wajar sih karena masih dalam tahap pengembangan).

Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa sih fitur night mode di Chrome serta bagaimana cara menggunakannya, berikut ini adalah detail lengkapnya:

Night Mode di Chrome saat ini bisa dibilang mirip banget seperti night mode yang ada di Microsoft Edge (entah karena memang konsep night mode dari keduanya sama atau gimana WinPoin masih belum tahu). Tapi kalo menurut saya pribadi, Night Mode di Microsoft Edge terlihat jauh lebih baik dibandingkan yang ada di Chrome (untuk saat ini yah).

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di bawah, hanya bagian title bar dan kolom search saja yang elemennya berubah menjadi menjadi warna hitam / gelap (termasuk juga menu pada setting).

Tapi ada beberapa hal yang agak disayangkan, pertama adalah opsi menu pada setting jadi sulit terbaca karena tulisannya tidak berubah menjadi warna putih (tetap berwarna hitam seperti saat ini), hanya ketika kamu pilih salah satu opsi pengaturan saja maka tulisannya akan berubah warna (ada efek berupa highlight pada tulisannya).

Selanjutnya, pada bagian hasil pencarian nyatanya masih berwarna putih dan rasa-rasanya hal tersebut cukup aneh (di Microsoft Edge juga sama), karena pada dasarnya night mode itu (kalo menurut pendapat saya) seharusnya ya memakai konsep berwarna gelap sepenuhnya entah itu dibagian tile bar, settings dan lain-lain, mungkin hanya tulisan saja yang diwarnai putih agar mudah dibaca.

Sebagai pembanding, kamu bisa lihat night mode pada YouTube (web). Masih bingung? Lihat gambar di bawah ini:

Buat kamu yang penasaran dan ingin mencobanya sendiri, WinPoin akan kasih tau caranya. Tapi, pastikan kamu gunakan Chrome Canary (versi beta dari Chrome) versi terbaru, karena fitur ini sendiri masih dalam tahap pengembangan. Buat yang udah penasaran ingin mencoba, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama, silakan kamu Download Chrome Canary terlebih dahulu.
  • Setelah itu, Right-click pada Chrome Canary shortcut yang ada di desktop.
  • Jika sudah silakan pilih opsi Properties.

  • Selanjutnya kamu tinggal tambahkan ” –force-dark-mode” pada kolom Target dan klik apply > ok.

Nah, itulah bagaimana cara menambahkan night mode di Chrome untuk saat ini. Jika kamu punya pendapat seputar hal ini, jangan sungkan untuk bagikan pendapatmu di kolom komentar.

  Banyak Fitur Tersembunyi di VIVO V15 dan VIVO V15 Pro  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.