Mungkin sudah banyak pengguna Windows 10 yang mengharapkan adanya versi UWP dari File Explorer, dan untuk sekarang File Explorer versi UWP Official yang dibuat oleh Microsoft untuk saat ini hanya tersedia di Windows 10X yang mana memang masih dalam masa pengembangan.

Namun diluar itu, ada banyak developer yang membuat versi File Explorer berbasiskan Universal Windows Apps, salah satunya yang menurut saya paling layak untuk digunakan adalah File UWP yang dibuat oleh developer Luke Blevins via Github.

File UWP, untuk saat ini aplikasi File Explorer Modern ini memang masih bersifat sebagai Preview App, namun kamu sudah dapat mencoba dan men download nya pada halaman Microsoft Store berikut.

Halaman Home dari File UWP

Dan setelah saya coba, saya cukup suka dengan aplikasi ini. Sama seperti yang diklaim oleh sang developer “unrivaled file access performance“, mengakses file terasa lebih enak dan cepat, terutama dengan diberikannya fitur Tab yang memang sudah banyak pengguna Windows 10 minta.

Tab di File Explorer, keren…

Selain itu, hal lain yang saya suka adalah pengaturan-nya yang bisa dibilang cukup lengkap. Diantaranya adalah pengguna dapat mengaktifkan Acrylic Sidebar, untuk membuat tampilan Sidebar akan menjadi transparan, show hidden files, show drive letters dan lainnya.

Acrylic Sidebar, bikin sidebar jadi semi transparan

Pada bagian Experimental, kita juga bisa mengaktifkan ‘Double tap to rename files’ dan ‘Enable Recycle Bin support’ yang menarik untuk diaktifkan dan digunakan.

Hanya saja nih, karena masih dalam pengembangan, sebuah masalah yang kadang saya rasakan ketika menggunakan Files UWP ini, terutama ketika sedang membuka banyak Tab sekaligus, dimana kadang kadang File UWP akan Force Close secara tiba tiba, sehingga kadang proses Copy file akan gagal. Namun ini bukanlah sebuah masalah berarti, mengingat aplikasi ini cukup bagus untuk digunakan.

Masalah kedua yang saya rasakan, ketika File UWP terjadi Force Close, beberapa pengaturan yang telah diubah sebelumnya, kembali ke posisi Default.

Terkait masalah, dikarenakan ini merupakan aplikasi Open Source, kamu bisa ikut bergabung, memperbaiki dan bahkan ikut mengembangkan aplikasi File UWP pada halaman GitHub berikut.

Di Microsoft Store, sampai saat artikel ini ditulis aplikasi File UWP sudah mendapatkan 86 Review dengan nilai hampir sempurna. Dan bagi kamu yang tertarik, silahkan download dan coba. Kamu bisa mendownload-nya pada halaman Microsoft Store berikut.

Silahkan berikan pendapatmu mengenai aplikasi ini dikolom komentar dibawah guys. Apakah kamu suka?

  Unboxing REDMI 9 Indonesia yang LAGI HOT..!! 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.