Seperti yang kita tahu, Trusted Platform Module (TPM) adalah satu hal yang paling diperlukan untuk menjalankan Windows 11, dan jika kamu ingin terus mendapatkan update Windows 11 dengan aman tanpa ada masalah, versi TPM 2.0 harus benar benar sudah terpasang dan kompatibel dengan perangkat kamu yang telah sesuai dengan minimum requirement Windows 11.

Nah mengenai TPM, beberapa waktu lalu ada sebuah laporan menarik yang mengabarkan adanya performance issues pada pengguna setelah mengaktifkan TPM, seperti dilansir dari halaman Reddit, seorang pengguna HarryJDM_ memposting topik yang cukup panjang pada subreddit  r/Windows11, dimana dia mengatakan bahwa ada masalah dengan Windows 10 dan 11 ketika dijalankan dengan fTPM (sebuah software based TPM di perangkat AMD Motherboard). Perangkat dengan AMD Ryzen 9 5950X dan Asus Prime X570-P motherboard katanya mengalami stutter ketika aplikasi mulai dijalankan.

Sebagai pembuktian, pengguna tersebut juga menyertakan video youtube yang dapat kamu lihat sebagai berikut.

Dimana seperti yang dapat kamu lihat diatas, disana tampil Gameplay GTA 5 yang cukup lag selama beberapa detik, dan seperti yang tertulis dalam postingannya di Reddit, kembali dari Windows 11 ke Windows 10 dan menonaktifkan fTPM kabarnya mengatasi masalah tersebut.

Mengenai masalah ini, beberapa pengguna berspekuliasi bahwa ini adalah masalah yang disebabkan oleh bug di firmware. Hingga saat ini, jumlah upvote dan komentar di postingan tersebut terus bertambah, meski memang hingga saat ini belum ada informasi jelas baik dari Microsoft ataupun dari AMD mengenai masalah performa dengan TPM tersebut.

Akan kamu kabari lagi jika ada informasi lanjutan…

Nah bagaimana menurutmu? komen dibawah guys, menurutmu apa sih yang menjadi penyebab masalah ini? apakah kamu juga mendapati masalah yang sama? komen dibawah guys.

Via: Reddit, WinAero

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.