Sebuah artikel baru telah dipublikasikan oleh Microsoft dalam halaman Blog-nya, dimana disana dijelaskan akan seperti apa Windows Insider Program ditahun 2022 ini.

Sebagai bagian dari evolusi yang tengah berlangsung, akan ada sejumlah hal baru yang mungkin mengubah bagaimana cara kerja Insider Program di system operasi Windows dan layanan lainnya, dimana beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Insider Dev Channel, akan seperti biasanya dimana Insider Dev Channel akan mendapatkan rilis paling cepat dibandingkan versi Insider lainnya, namun dengan catatan bahwa Dev Channel tidak boleh dianggap cocok dengan versi Windows tertentu, karena fitur dan kemampuan di Build (Insider Dev) akan dapat berubah seiring waktu, baik itu diganti, dihapus dan bahkan mungkin build tersebut(Insider Dev) tersebut tidak akan pernah dirilis ke pengguna umum, di versi ini pula, akan dimungkinkannya ada jalur pararel lain yang bercabang, hingga akhirnya satu diambil dan dikembangkan dan dialihkan ke Insider Beta Channel.

Insider Beta Channel, nah kini Insider Beta Channel akan benar benar menjadi kandidat versi Windows terbaru. dimana Microsoft akan memberikan versi preview dari versi Windows terbaru yang sesuai dengan apa yang Microsoft rencanakan, di build ini sudah tidak ada lagi experiment yang dimasukkan, karena seluruh fitur experimental telah di uji coba dan dihadirkan di Insider Dev Channel.

Insider Release Preview, masih sama seperti sebelumnya, dimana ini adalah versi terbaik untuk kamu para pengguna Insider yang ingin mendapatkan build terbaru dengan stabilitas system yang jauh lebih baik dibandingkan Dev dan Beta Channel, dapat dikatakan bahwa build yang diterima di Insider Release Preview adalah build release candidate yang akan dihadirkan untuk Stable Channel.

Selain itu, pengguna Dev dan Beta Channel akan mendapatkan sejumlah pembaruan yang mencakup, Feature, Web, dan Online Service Experience Packs.

Jika dapat saya simpulkan, kini Dev Channel tidak dapat lagi dikategorikan sebagai versi yang akan menjadi cikal bakal versi Windows terbaru nanti (next version of Windows), karena fitur yang dihadirkan tidak akan sama bagi semua pengguna Insider (akan dipisah sebagai bagian dari A/B testing) dan akan memiliki cabang berbeda (pararel) untuk para Insider, bahkan beberapa fitur lain akan dinonaktifkan dan hanya dibagikan pada sejumlah kecil pengguna saja. Bersamaan dengan itu, Microsoft juga bermaksud untuk tidak akan mendokumentasikan semua perubahan yang dibuat pada build yang dibagikan, Jadi hanya satu dari opsi eksperimental yang akan disebutkan di changelog build saja, dengan kata lain dari banyaknya versi, hanya akan ada satu saja yang didokumentasikan. Sebagai penggantinya, Beta Channel akan menjadi versi Windows dengan sejumlah fitur yang telah Microsoft rencanakan, untuk selanjutnya akan dihadirkan untuk seluruh pengguna (next version of Windows).

Terdengar membingungkan?, jika iya, tentu saja, karena ini adalah perubahan baru yang memang terdengar tidak adil, terlebih untuk para Insider Dev Channel, karena tidak semua Insider akan mendapatkan fitur yang serupa.

Selain itu, ada logo baru yang akan tampak seperti pada gambar berikut,

Icon baru ini akan muncul di Settings > Windows Update > Windows Insider Program.

Nah bagaimana menurutmu? komen dibawah guys, apakah kamu setuju dengan hal ini? jangan lupa berikan pendapat dan opinimu dibawah.

Via : Microsoft

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.