Mari kita lupakan sejenak masalah dunia perwindosan, dan mari kita sedikit bahas salah satu OS yang juga saya gunakan yaitu Linux, selain masih menggunakan Manjaro sebagai dualboot di laptop utama saya untuk bekerja, di rumah saya juga memasang sebuah home server yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk sekarang adalah sebagai tempat dimana saya mendownload suatu file selama 24 jam (jika memang diperlukan).

Bermodalkan koneksi internet 75 Mbps yang saya gunakan hanya sendiri, tentu kurang rasanya jika tidak diimbangi oleh sebuah Download Manager yang oke untuk menunjang kebutuhan Download, dan di Ubuntu Server yang kini sudah saya pasangkan Desktop Environment LXQT yang saya akses menggunakan XRDP via jaringan lokal, saya juga menggunakan Persepolis Download Manager.

Nama Persepolis sendiri mungkin cukup asing dimata pengguna non linux, dan malah mungkin sering disamakan dengan produk obat MLM yang cukup terkenal dimasanya, namun jangan salah, menurut saya, Persepolis Download Manager adalah yang terbaik dikelasnya, kenapa? mari kita bahas dalam review singkat ini.

Tampilan Internet Download Manager Banget!

Jika kamu adalah pecinta IDM atau Internet Download Manager dan kebetulan kamu kurang suka dengan FDM atau Download Manager lainnya, maka Persepolis Download Manager bisa menjadi alternatif kamu, karena bagaimana tidak, tampilan yang dihadirkan sangat mirip dengan Internet Download Manager loh.

Nah tepat seperti pada gambar diatas, beberapa UI nya sangat mirip dengan apa yang dihadirkan IDM.

Kemudahan Mendownload!

Salah satu alasan saya menggunakan Download Manager adalah tentu karena saya ingin lebih cepat dan lebih mudah dalam mendownload sesuatu, dan Persepolis Download Manager dalam kasus ini telah membantu saya, dan meskipun metode download yang saya gunakan cukup ribet dengan harus memasukkan download link secara manual kedalam aplikasi, namun semuanya masih terbilang cukup simple, cepat, dan selain itu Persepolis Download Manager juga mendukung pause / resume dari proses download tertentu (selama server download mendukung).

Kecepatan?

Kurang lebih menurut saya dalam poin ini kembali ke koneksi internet rumah masing masing, namun dalam kasus saya jika dibandingkan dengan menggunakan download manager bawaan dari browser, tentu persepolis download manager bekerja lebih baik, terkandang speed agak sedikit lebih bagus meski tidak menunjukan kecepatan yang signifikan.

Tersedia di Linux Apa Saja?

Sampai saat ini, berdasarkan informasi dari halaman GitHub nya, Persepolis Download Manager dapat kamu install di Linux Debian dan seluruh keturunannya, lalu Arch dan seluruh keturunannya dan tentunya Fedora dan seluruh keturunannya.

Kamu bisa melihat informasi lengkapnya pada halaman berikut.

Kesimpulannya

Jika kamu adalah seorang pengguna Linux yang kebetulan mencari alternatif Download Manager selain Internet Download Manager, maka Persepolis Download Manager bisa menjadi target kamu selanjutnya, mungkin rasa dan pengalaman akan berbeda tergantung pengguna, namun untuk saya, saat ini Persepolis Download Manager tetap menjadi Download Manager utama saya di system operasi Linux yang saya gunakan.

Ingat ya, Persepolis Download Manager, bukan produk Obat MLM. 😂

Nah tuliskan aplikasi Download Manager Favoritmu dikolom komentar dibawah guys.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.