Dalam PowerToys, selain dari Power Rename ada tool lain yang cukup saya suka, yaitu Fancy Zones, Fancy Zones ini sudah hadir pertama kali ketika PowerToys dirilis untuk Windows 10 yang saat itu masih dalam versi 0.9.

Baca Juga : Cara Instal PowerToys Beta Di Windows 10

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit membahas dan memberikan ulasan singkat mengenai FancyZones yang memang cukup berguna sekali terutama bagi kamu yang menggunakan monitor Ultra Wide.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Dengan PowerToys, Tool Untuk Membantu Meningkatkan Produktifitas

Fungsi Dari FancyZones

Secara fungsi, FancyZones berfungsi untuk secara otomatis mengatur layout Windows yang sedang dibuka, dan secara default ada 5 tampilan layout template yang pengguna bisa sesuaikan.

Diantaranya ada, Focus, Column, Row, Grid, dan Priority Grid, yang masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, sesuai bagaimana layout akan digunakan, dan tergantung dari type monitor yang pengguna gunakan.

Untuk mengaktifkannya, kamu bisa menggunakan Hotkeys Default (Windows + `), dan ketika ditekan akan menampilkan pemilihan layout (seperti gambar diatas), sedangkan untuk mengatur layout pada window aplikasi, setelah kamu menentukan bagaimana layout akan ditampilkan, kamu bisa melakukan drag n drop + Shift pada Windows aplikasi yang sedang dibuka.

Shift + Drag N Drop

Sangat Cocok Untuk Pengguna Monitor Ultra Wide

Bagi kamu pengguna monitor Ultra Wide seperti Samsung 49″ Ultra Wide Monitor yang memang sangat luas, tentunya FancyZones bisa memaksimalkan produktifitas dan penggunaan dari Montor tersebut, karena pengguna bisa dengan mudah mengatur layout dari aplikasi yang akan digunakan. Berbeda halnya jika kamu tidak menggunakan FancyZones, kamu harus mengatur layout secara manual yang memang sedikit ribet dan menjadikan tampilan layout menjadi kurang rapi.

Image via David Zhang Youtube

Pilihan Pengaturan

Didalam halaman Settings PowerToys > FancyZones, ada beberapa konfigurasi yang bisa pengguna sesuaikan, seperti mengubah Zone Highlight Color, Zone Interactive Color, dan mengubah Zone Border Color.

Selain itu pengguna juga bisa mengatur beberapa hal lain seperti :

  • Override Windows Snap hotkeys (win+arrow) to move windows between zones
  • Keep windows in their zones when the screen resolution changes
  • During zone layout changes, windows assigned to a zone will match new size/positions
  • Keep windows pinned to multiple desktops in the same zone when the active desktop changes
  • Move newly created windows to their last known zone, Follow mouse cursor instead of focus when launching editor in a multi screen environment
  • Show zones on all monitors while dragging a window, Make dragged window transparent

Stabilitas dan Performa

Jika dibandingkan ketika pertama kali FancyZones hadir di PowerToys 0.9, sekarang bisa dibilang fitur ini sudah sangat stabil, tidak ada lagi Glitch yang terjadi, dan bahkan penggunaan RAM dan CPU sendiri tidak terlalu memberatkan system.

Selama kurang lebih satu minggu ini saya coba, saya cukup asik menggunakannya, karena memang cukup membantu untuk mengatur layout windows ketika bermultitasking dengan banyak aplikasi yang terbuka. Bahkan dengan monitor yang hanya 24″ yang saya gunakan.

Kesimpulan

FancyZones pada PowerToys 0.16 Preview ini, berdasarkan pengalaman dan penggunaan saya selama satu minggu kebelakang, sangat stabil dan tidak pernah sekalipun terjadi crash, namun meskipun begitu untuk perangkat dengan layar 14″ kebawah jika menggunakan FancyZone saya rasa malah menjadikan pengalaman melakukan produktifitas menjadi kurang menyenangkan karena memang ukuran layar yang kurang besar, beda halnya dengan menggunakan Layar 17″ keatas dan bahkan Ultra Wide Monitor, FancyZones akan bekerja sangat baik. Selain itu dikarenakan saat ini PowerToys juga masih berstatus Insider Preview atau Beta, mungkin masih akan ada beberapa Bug terkait aplikasi ini.

Nah untuk kamu yang penasaran, atau kamu yang sekarang menggunakan Monitor Ultra Wide, silahkan deh kamu coba sendiri Fitur FancyZone yang ada di PowerToys ini. Kamu bisa mendownloadnya pada halaman GitHub berikut.

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.