PowerToys, sebuah tool yang dulu pertama kali diperkenalkan pada era Windows 95, dan berakhir di era Windows XP, namun meskipun begitu dalam beberapa bulan terakhir Microsoft mendedikasikan untuk membawa tool ini kembali dari kematiannya dengan menawarkannya untuk para pengguna Windows 10.

Berhubung tampaknya masih ada yang belum mengenal apa itu PowerToys, mari kita sedikit bahas apa sih tool ini?

Apa Itu PowerToys, dan Sejarah Singkatnya

PowerToys seperti yang sudah saya sebutkan diatas, pertama kali diperkenalkan pada era Windows 95 dan dikembangkan oleh Windows Shell Development Team, tool ini merupakan sekumpulan system utility dan tweak yang bertujuan untuk meningkatkan produktifitas pengguna dalam menggunakan system operasi Windows. Seperti yang Microsoft sebutkan dalam deskripsinya via GitHub, “Windows system utilities to maximize productivity”

Setelah cukup sukses dan disukai banyak orang pada masanya, Microsoft kembali merilis versi kedua dari PowerToys untuk Windows XP dengan beberapa fitur tambahan yang lebih baru dan moderen pada masanya, namun sayang PowerToys untuk Windows XP harus dihentikan.

Setelah empat tahun sejak Windows 10 dirilis, 8 Mei 2019 menjadi hari baru bagi PowerToys karena Microsoft merilis kembali PowerToys dan menjadikannya sebagai Project Open Source di GitHub, dan seperti yang sudah diberitakan beberapa bulan lalu, mulai September 2019 versi Preview pertama kali dirilis untuk Windows 10 dengan membawa fitur FancyZones dan Windows Key Shortcut Guide.

Baca Juga : Microsoft Luncurkan PowerToys Versi Pertama untuk Windows 10!

Fitur Yang Diberikan

Berikut adalah fitur PowerToys yang hadir baik dari Windows 95, Windows XP, dan Windows 10.

Windows 95

Berdasarkan halaman Wikipedia, ada 15 Tool dari PowerToys yang hadir di Windows 95, dan diantaranya adalah:

  1. CabView, untuk membuka cabinet files seperti folder pada umumnya.
  2. CDAutoPlay, untuk membuat AutoPlay bekerja pada semua file non-audio CD.
  3. Command Prompt Here, mengijinkan pengguna untuk memulai command prompt dari folder manapun dalam Windows Explorer dengan cara klik kanan saja (btw fitur ini menjadi native di Windows sejak era Windows Vista dan seterusnya).
  4. Contents Menu, untuk mengijinkan pengguna mengakses file dan folder dari context menu tanpa harus membuka foldernya.
  5. Desktop Menu, untuk mengijinkan pengguna membuka item di desktop dari menu yang ada di taskbar.
  6. Explore From Here, mengijinkan user untuk membuka tampilan Windows Explorer dari folder manapun sehingga folder tersebut menjalankan aksi seperti root level folder.
  7. FindX, menambahkan kemampuan drag-and-drop untuk mencari sesuatu (btw fitur ini sekarang bernama search menu).
  8. FlexiCD, mengijinkan pengguna untuk memutar audio cd dari taskbar.
  9. Quick Res, membuat pengguna bisa dengan cepat mengubah resolusi.
  10. Round Clock menambahkan jam analog tanpa ada square window.
  11. Send To X, merupakan bebereapa Shell extensions yang menambahkan beberapa lokasi umum seperti clipboarddesktopcommand-line or atau folder apapun dalam context menu Send To di Explorer.
  12. Shortcut Target Menu allowed users to access the target file a shortcut is pointing to from the context menu or directly cut, copy, delete the target, create shortcut to the target or view its properties.
  13. Telephony Location Selector mengijinkan pengguna mobile computer untuk mengubah dialling location langsung dari Taskbar.
  14. TweakUI, sebuah system tweak yang membuat Windows lebih keren lagi.
  15. Xmouse 1.2 membuat windows focus untuk mengikuti mouse tanpa harus memerlukan klik pada windows untk membuatnya aktif.

Setelah sukses dengan Windows 95 PowerToys, Windows Kernel Development Team merilis beberapa tool lagi yang bernama Windows 95 Kernel Toys dan diantaranya adalah:

  • MS-DOS Mode Configuration Wizard Customization Tool, yang mana mengijinkan pengguna untuk menkonfigurasi Windows Startup FIles tanpa harus manual mengedit CONFIG.SYS or AUTOEXEC.BAT files.
  • Keyboard Remap, untuk mengatur fungsi keyboard.
  • Logo Key Control, mengkonfigurasi MS-DOS games sehingga Windows akan membuat Windows logo key sementara permaian sedang berjalan.
  • Conventional Memory Tracker membuka memori yang digunakan oleh program “vmm32”.
  • Windows Process Watcher (WinTop) memantau berapa banyak sumber daya CPU yang diambil oleh masing-masing program.
  • Time Zone Editor, mengaktifkan user untuk membuat, dan mengedit time zone entries untuk Date/Time Control Panel applet.

Windows XP

Masih belum selesai, versi kedua dari PowerToys akhirnya dirilis untuk Windows XP, dan berikut beberapa fitur yang tersedia:

  • Alt-Tab Replacement Task Switcher, yang mengganti fungsi dari ALT + TAB dengan tampilan visual yang lebih baik pada masanya.
  • CD Slide Show Generator, meng generated sebuah slideshow dari photos yang diburn kedalam CD.
  • ClearType Tuner, mengijinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi ClearType settings untuk lebih membuatnya mudah dibaca.
  • Color Control Panel Applet, mengijinkan pengguna untuk melakukan manage color profiles, untuk mengubah color profile associations for devices, viewing detailed properties for color profiles (including a 3D rendering of the color space gamut).
  • HTML Slide Show Wizard, menggenerated sebuah HTML slideshow presentation.
  • Image Resizer, membuat pengguna bisa melakukan resize banyak gambar dalam satu waktu
  • Open Command Window Here fitur yang memungkinkan pengguna membuka Command Prompt dari klik kanan folder di Windows Explorer.
  • Power Calculator , kalkulator yang memiliki lebih banyak fungsi dan fitur dibandingkan kalkulator bawaan windows xp.
  • RAW Image Thumbnailer and Viewer provided thumbnails, previews, printing, and metadata display for RAW images from within Windows Explorer.
  • SyncToy mengijinkan synchronizing files and folders.
  • Taskbar Magnifier magnified part of the screen from the taskbar.
  • Tweak UI fitur advanced untuk mengkostumisasi tampilan windows xp.
  • Virtual Desktop Manager mengijinkan pengguna untuk beralih antara empat virtual desktops langsung dari taskbar.
  • Webcam Timershot took pictures at specified time intervals from a webcam.

Dan berikut beberapa fitur PowerToys yang dihentikan untuk Windows XP, karena seiring berjalannya waktu sebagian fitur sudah tersedia Native di Windows XP.

  • Background Switcher sudah diganti dengan Wallpaper Changer.
  • Internet Explorer Find Bar, fitur udah jadi native di Internet Explorer 8.
  • ISO Image Burner
  • Shell Audio Player
  • Super-Fast User Switcher
  • Virtual CD-ROM Control Panel.

Windows 10

Dan akhirnya, setelah lama tidak dikembangkan oleh Microsoft, bahkan sudah melewati Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, PowerToys hadir kembali untuk Windows 10 dengan membawa sebagian fitur menarik, btw fiturnya tidak sebanyak dulu karena memang hampir semua fitur yang dulu hadir di PowerToys, sudah menjadi Native Feature di Windows 10.

Berikut adalah fitur PowerToys untuk Windows 10 (02/04/2020), pada versi PowerToys Preview 0.16.

FancyZones, sebuah fitur yang bakalan berguna banget kalo kamu pake Monitor Ultra Wide karena bisa memudahkan kamu mengatur posisi Window aplikasi yang sedang dibuka.

Image : David Zhang Youtube

PowerRename, fungsinya untuk mengubah nama banyak file sekaligus.

Image Resizer, tool lama yang bangkit dari kematiannya, fungsinya seperti yang sudah dijelakan diatas, dimana akan membantu pengguna mengubah banyak ukuran foto dalam satu kali aksi.

Window Walker, kita bisa mengaktifkan fitur ini dengan menekan CTRL + Win, dan selanjutnya kita bisa mencari proses yang sedang berjalan dengan mengetikan proses atau aplikasi didalam textbox yang disediakan.

Selain itu ada juga fitur lain seperti Markdown Preview pane extension, SVG Preview pane extension yang akan terintegrasi dengan File Explorer. PowerToys ini memang masih dikembangkan, dan akan membawa banyak fitur lagi kedepannya, contohnya saja fitur yang akan hadir di versi 0.17 adalah, Win+R replacement (Launcher), dan Keyboard remapping yang lagi lagi bangkit dari kematian.

Kesimpulan

Nah seperti yang sudah dibahas diatas PowerToys memang merupakan sebuah tool yang membawa banyak sekali fitur keren yang memang tidak tersedia secara native untuk Windows, misalkan saja seperti fitur Command Prompt Here, dulu sebelum era Windows Vista, pengguna harus menginstal PowerToys untuk mendapatkan fitur ini, sekarang sih tinggal klik kanan + shift pada folder, Open Command Prompt Here sudah ada.

Dengan kata lain, bisa dibilang ada beberapa fitur keren PowerToys yang menjadi cikal bakal fitur Windows saat ini.

Nah silahkan kamu komen dibawah, kamu dulu sempat pake PowerToys juga gak nih? saya sih belum ya, makanya saya sedikit tertarik dengan PowerToys di masa Windows 10 ini.

Referensi : Wikipedia. The history of the Windows PowerToys via Microsoft, GitHub PowerToys Open Source Project, PowerToys Cheat Sheet via Tech Republic

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.