Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish baru aja dirilis, dan buat kamu yang penasaran apa aja fitur barunya, inilah review lengkap fitur baru Ubuntu 18.10

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari


Lebih suka baca daripada nonton video review Ubuntu 18.10 Indonesia diatas? Berikut ini WinPoin sertakan ulasan fitur Ubuntu 18.10 dalam format artikel.

Tampilan Baru: Yaru!

7 Fitur Baru Ubuntu 18.10 — Performa Makin Oke!

Fitur pertama yang paling keliatan begitu update ke Ubuntu 18.10 adalah tampilan barunya. Di versi ini Ubuntu punya tema baru yang bernama Yaru. Ini adalah tema buatan komunitas, yang sebenarnya direncanakan hadir ke Ubuntu Bionic Beaver kemaren, tetapi karena belum siap, akhirnya baru dihadirkan ke Cosmic Cuttlefish sekarang.

Tema ini membuat tampilan Ubuntu lebih fresh dengan lock screen baru, juga deretan icon yang baru. Buat kamu yang suka tampilan gelap, Yaru juga hadir dalam versi dark mode, yang bisa kamu aktifkan melalui aplikasi Gnome Tweaks, Theme, ataupun Appearance.

Performa Kencang

Fitur kedua yang juga langsung kerasa begitu pake Ubuntu 18.10 ini adalah peningkatan performa. Jadi dibandingkan dengan Ubuntu 18.04 LTS sebelumnya, kecepatan booting sedikit meningkat — sekitar 10 persen lebih cepat, efek dan animasi semakin mulus, dan overall experience saat dipake terasa lebih ringan.

Gnome 3.30

7 Fitur Baru Ubuntu 18.10 — Performa Makin Oke!

Fitur baru ketiga, sekaligus salah satu alasan kenapa experience desktop Ubuntu terasa lebih mulus, adalah karena sudah menggunakan Gnome 3.30 terbaru. Di versi ini memang performa Gnome banyak ditingkatkan, dan dengan menggunakannya, maka berbagai fitur baru di Gnome 3.30 juga diusung ke Ubuntu 18.10.

Misalnya aja di Settings kamu bakal menemui opsi pengaturan device Thunderbolt, dan buat kamu yang gak puas dengan volume musik 100% — sekarang ada opsi untuk meningkatkan volume hingga diatas 100%.

Selain itu panel Settings juga lebih bersih, karena beberapa opsi yang device nya gak support bakal disembunyikan. Misalnya saat ini saya pake Ubuntu di PC dengan internet kabel, maka opsi WiFi disembunyikan biar nggak memenuhi panel.

Disk sekarang juga bisa mount dan decrypt storage yang dienkripsi oleh VeraCrypt. Dan tentu saja versi terbaru dari aplikasi di Gnome 3.30 seperti Calendar dan Todo ikut diusung juga ke Ubuntu 18.10.

Peningkatan Snap di Software Store

Fitur baru keempat, kalo kamu buka Software Store, sekarang ada peningkatan di Snap. Jadi sekarang ditampilkan detail verified publisher di listing snap app, dan berpindah dari channel Stable ke Beta dan Edge juga semakin mudah.

Dukungan Hardware

Fitur baru kelima, Ubuntu 18.10 ini menggunakan kernel Linux versi 4.18 yang sudah support beberapa deretan hardware seperti GPU AMD Radeon Vega M, Qualcomm Snapdragon 845, Intel Canonnlake graphic, serta peningkatan di USB 3.2 dan Type-C.

Baterai Lebih Awet!

Fitur baru keenam, ada banyak peningkatan di manajemen power saving Kernel Linux 4.18, jadi HDD controller, USB Controller, dan yang lainnya bakal otomatis diturunkan power state nya saat tidak dipake.

Jadi buat kamu pengguna laptop, bakal merasakan peningkatan keawetan baterai di Ubuntu 18.10 Cosmic Cuttlefish ini.

Software Terbaru

7 Fitur Baru Ubuntu 18.10 — Performa Makin Oke!

Dan ketujuh, Ubuntu 18.10 membawa versi baru dari berbagai software bawaan seperti Firefox 63, Thunderbird 60, LibreOffice 6.1.2 dan yang lainnya.

Itulah dia 7 fitur baru di Ubuntu 18.10 yang menarik untuk kamu coba, dan versi ini bakal disupport sampe 9 bulan kedepan, jadi buat kamu yang pengen install, download aja dari link yang ada di deskripsi.

Semoga ulasan ini bermanfaat buat kamu yang dual boot Windows + Ubuntu, sampaikan aja di kolom komentar kalo ada pertanyaan — atau mungkin menemukan fitur baru yang masih terlewatkan.