Home Phone Review Internet: Kartu Halo Telkomsel 4G LTE – Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb...

Review Internet: Kartu Halo Telkomsel 4G LTE – Harga, Kecepatan, Stabilitas, dsb (+Tips)

Butuh koneksi internet yang bisa dihandalkan dimana saja, cepat, dan stabil? Pakai Kartu Halo Telkomsel bisa jadi pilihannya loh, paketnya pun beragam. Murah gak?

Berlabuhnya pilihan ke Telkomsel ini bagi saya sendiri sedikit terpaksa. Karena semenjak saya pindah rumah, jaringan Indosat di rumah saya begitu lambat, bahkan hanya ada dua operator yang memiliki koneksi 4G yang lancar, Telkomsel dan 3. Karena tak tahan dan daripada hanya membayar tagihan tanpa dipakai, lebih baik kartu Indosat Freedom Postpaid yang sempat di-review dan digunakan akhirnya dihentikan. *Eh.. sudahlah, kok jadi curhat =))

Baca Juga:

Oke, Kartu Halo sendiri memang menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan dengan kartu pascabayar lainnya. Konon Kartu Halo mendapatkan prioritas akses internet dan telepon dibandingkan kalau memakai SimPATI, tapi untuk ini harus diuji lebih jauh.

via Telkomsel

Kartu Halo pilihan paket dengan kuota yang berbeda-beda. Ada Halo Hybrid, Halo Fit, dan yang lagi dipromosikan baru-baru ini adalah Halo Kick yang menawarkan kuota besar hingga 140GB dan bonus seperti T-Cash.

Awalnya WinPoin sempat memilih Halo Kick mengingat tawaran kuota yang cukup melimpah. Sayangnya, menurut customer service GraPARI Telkomsel, kuota tersebut akan terpotong setelah beberapa bulan pemakaian. Setelah dicoba konsultasikan, akhirnya ditawarkanlah Kartu Halo yang sudah dipaketkan dengan Telkomsel Flash.

Harga

Paket Telkomsel Flash untuk Kartu Halo ini juga beragam. Kalau kuota habis, ada kuota ekstra (turbo). Daftarnya bisa dilihat di tabel ini:

Flash 2GB + 4GB (4G) Rp 75.000
Flash 4GB + 12GB (4G) Rp 150.000
Flash 8GB + 16GB (4G) Rp 250.000
Flash 10GB + 22GB (4G) Rp 350.000
Flash 16GB + 24GB (4G) Rp 500.000
Flash Ekstra Kuota 600MB Rp 35.000
Flash Ekstra Kuota 1.5GB Rp 70.000
Flash Ekstra Kuota 3GB Rp 125.000
Flash Ekstra Kuota 8GB Rp 200.000

 

Saya sendiri memilih paket Flash 8GB + 16GB untuk dijaringan 4G. Satu hal yang perlu diingat, harga tersebut belum termasuk PPN, sehingga saya harus membayar sebesar Rp 275.000 setiap bulannya.

Kecepatan dan Stabilitas

Untuk kecepatan yang diterima sendiri, terbilang cukup cepat di wilayah Tambun Utara, Bekasi ini. Kecepatan download dan upload selalu berada diatas 15Mbps. Ping yang rendah, menandakan koneksi cukup stabil, recommeded buat kamu yang suka main game online.

Menariknya, meskipun secara default Kartu Halo ini menggunakan paket Flash, namun untuk penggunaan telepon dan SMS masih tetap bisa dilakukan, tentunya dengan biaya diluar paket.

Meski WinPoin tidak menggunakan paket Halo Fit, maupun Halo Kick, namun kecepatan yang didapat kedua paket tersebut diyakini tidak jauh berbeda dengan yang WinPoin dapat.

Internet Pakai Kartu Halo? Mahal Gak Tuh?

Telkomsel memang terkenal mahal. Internetan pakai Telkomsel aja sudah mahal, apalagi pakai Kartu Halo yang katanya lebih mahal dari SimPATI? (Baca: Apakah Harga Paket Internet Telkomsel Terlalu Mahal? #Tanya)

Tapi ternyata gak juga loh, guys. WinPoin sendiri menilai paket Kartu Halo ini cukup murah dibandingkan SimPATI seperti paket SimPATI Gigamax yang menawarkan kuota besar. Untuk Gigamax, pilihan paling tertinggi adalah Gigamax Ultimate seharga Rp 299.000, dengan isi kuota reguler 8GB, kuota 4G 20GB, dan kuota HOOQ & VIU 22GB. Sedikit lebih mahal (walau kuota lebih banyak), dan kuota streaming yang ada akan terbuang begitu saja bagi saya.

Jika mau yang lebih murah, kamu harus memilih Gigamax Platinum dengan harga Rp 169.000, yang berisi kuota kuota reguler 4GB, kuota 4G 10GB, dan kuota HOOQ & VIU 16GB. Paket Gigamax Platinum ini justru punya harga lebih mahal dan kuota lebih sedikit ketimbang Kartu Halo Rp 150 ribu yang ada di tabel.

Tips dan yang Harus Diperhatikan

  1. Paket ini lebih ideal dengan koneksi 4G LTE. Jadi, disarankan sebelum menggunakan Kartu Halo dengan paket 4G ini, kamu sudah memakai perangkat 4G LTE yang sesuai dengan jaringan Telkomsel.
  2. Cek terlebih dulu jaringan 4G LTE Telkomsel di wilayah kamu, karena ada wilayah yang masih belum dijangkau koneksi 4G LTE ini. Kamu bisa cek jaringan 4G LTE Telkomsel disini.
  3. Gunakan MyTelkomsel untuk men-cek kuota internet serta tagihan kamu di my.telkomsel.com atau download aplikasinya di Google Play dan Apple AppStore.
  4. Saat akan berlangganan, mintalah fasilitas limit agar tidak terjadi bill shock karena tagihan membengkak. Minimal limit penggunaan adalah Rp 50.000 dan diluar tagihan bulanan.
  5. Gunakan data limiter pada modem atau smartphone agar biaya tagihan tidak membengkak karena penggunan internet melebihi kuota yang diberikan.
  6. Harga diatas belum termasuk PPN 10 persen. So, siap-siap rogoh kocek sedikit lebih dalam ya :)

Nah, itu dia sedikit review WinPoin untuk Kartu Halo Telkomsel. Buat kalian yang tertarik, bisa langsung ke GraPARI dengan membawa KTP, KK, serta uang untuk biaya materai, atau mendaftar online khusus untuk paket Halo Fit ataupun Halo Kick.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Televisi dan Gadget. Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi. Email: indrakrisnadi@hotmail.com