Pertengahan tahun 2022 kemarin, Microsoft Resmi Luncurkan VPN di Microsoft Edge Chromium sebagai versi preview yang bisa kamu dapatkan di Edge Insider termasuk Edge Canary.

Nah untuk mengaktifkan Edge VPN atau Edge Secure Network ini, kamu bisa dengan mudah mengaktifkannya melalui halaman settings, mengingat fitur ini belum aktif dan tersedia secara default. Langkahnya kebetulan telah WinPoin rangkum dalam halaman berikut: Cara Mengaktifkan Edge VPN di Microsoft Edge Chromium.

Baca Juga: Edge VPN Kini Tawarkan 15 GB Bandwidth

Setelah mencoba dan menguji beberapa hal dari Edge Secure Network ini, berikut saya rangkum sedikir review atau ulasan singkat dari Edge VPN ini, mulai dari performa, dan apakah Edge VPN bisa digunakan layaknya VPN pada umumnya?.

Performa

Pengujian performa ini saya lakukan dengan metode perbandingan, dimana saya menggunakan speedtest di Microsoft Edge Canary dengan Edge Secure Network aktif vs tidak aktif, dan berikut adalah hasilnya.

Edge Secure Network (VPN) tidak aktif
Edge Secure Network (VPN) aktif

Dan seperti yang dapat kamu lihat dari perbandingan diatas, performa koneksi jaringan di Microsoft Edge dengan Edge Secure Network Aktif / Tidak, keduanya hampir tidak ada perbedaan yang berarti. Jika kita bandingkan dengan VPN lain pada umumnya, biasanya VPN Gratisan memiliki batas bandwidth yang lebih lambat, dan tentu itu sedikit menyebalkan jika kita ingin melakukan streaming.

Edge Secure Network Bekerja Sama Dengan Cloudflare

Sedikit informasi tambahan saja, seperti dilansir dari halaman Microsoft, Edge Secure Network ini bekerja sama dengan Cloudflare VPN Service, dimana dengan itu, meskipun data diagnostik tetap disimpan untuk sementara, namun Microsoft tampaknya sangat menjamin keamanan data dari pengguna.

“Microsoft Edge Secure Network is a service provided in partnership with Cloudflare. Cloudflare is committed to privacy and collects a limited amount of diagnostic and support data acting as Microsoft’s data subprocessor in order to provide the services. Cloudflare permanently deletes the diagnostic and support data collected every 25 hours.”

Dan jika kamu perhatikan pada gambar diatas, provider dari hasil speedtest pun berubah, dimana saya disini menggunakan layanan internet dari Biznet, namun ketika Secure Network ini berjalan, provider berubah menjadi Cloudflare.

Apakah Bisa Membuka Situs Yang Diblokir Pemerintah Indonesia?

Hmm pertanyaan menarik bukan?, karena ada banyak sekali situs yang diblokir oleh pemerintah Indonesia kecuali situs Judi yang makin banyak. Misalkan saja XN maksud saya Reddit, dimana biasanya saya mendapatkan banyak referensi dari sana.

Nah tepat seperti pada gambar diatas, dimana Edge Secure Network dalam keadaan Off, dan DNS Over HTTPS di Browser dan Windows 11 saya nonaktifkan, halaman Reddit tidak bisa terbuka. Namun kita coba mengaktifkan Edge Secure Network, dan berikut adalah hasilnya.

Hasilnya cukup luar biasa, dimana bukan hanya Reddit yang berhasil terbuka, melainkan banyak situs lain yang diblokir oleh pemerintah berhasil terbuka dengan sempurna.

Untuk masalah keamanan sendiri, karena ini Edge Secure Network ini bertindak layaknya VPN, harusnya data akan lebih aman jika kita melakukan browsing dari internet public misalkan di caffe dengan mengaktifkan Edge Secure Network ini.

Kekurangan

Nah untuk saat ini, ada satu kekurangan yang mungkin berhasil diatasi oleh Microsoft, dimana batasan bandwidth dari Edge Secure Network ini hanya 1 GB, meski pada akhirnya kini mulai diluncurkan secara perlahan batasan baru sebesar 15 GB yang mana kebetulan saya sudah mendapatkannya.

Data 15 GB tersebut akan direset tiap awal bulan, jadi menggunakan Edge Secure Network untuk melakukan streaming rasanya kurang dimungkinkan, mengingat kualitas Video yang kini sudah sangat bagus dan menyegarkan mata.

Baca Juga: Edge VPN Kini Tawarkan 15 GB Bandwidth

Integrasi Dengan Akun Microsoft

Untuk menggunakan Edge Secure Network ini, kamu wajib banget memiliki akun Microsoft dan login dengan akun tersebut di Microsoft Edge, karena jika tidak, kamu tidak bisa menggunakan Edge Secure Network.

Batasan bandwidth bulanan sendiri akan terhubung dengan akun kamu, jadi berapapun perangkat dan browser yang kamu gunakan, selama menggunakan akun yang sama, maka itu akan terakumulasi dalam akun tersebut dan batasan data yang diberikan akan menjadi cepat habis.

Namun ada hal yang mungkin cukup meragukan bagi saya, karena bisa saja Microsoft melihat apa saja yang kita akses dengan alih alih data diagnostic, namun semoga saja tidak, mengingat apa yang telah mereka katakan sebelumnya bersama dengan Cloudflare.

Cloudflare is committed to privacy and collects a limited amount of diagnostic and support data acting as Microsoft’s data subprocessor in order to provide the services

Kesimpulan dan Apakah Worth it Untuk Kita Gunakan?

Edge Secure Network ini benar benar akan sangat membantu kita jika kita ingin melakukan browsing di public internet, karena dengan fitur ini, ini akan meminimalisir terjadinya kemungkinan penyusup yang menyerang melalui akses internet tersebut.

Namun bagaimanapun, penggunaan Internet Security, Firewall, dan pengguaan pengguna sendiri tentu menambah pengaruh dari keamanan data dari perangkat itu sendiri, jadi tetap waspada saja guys, jika kamu ingin menggunakan akses Internet Public.

Tetapi jika kita lihat, Edge Secure Network ini sangat worth it untuk digunakan, karena selain performanya yang OK, Bandwidthnya juga cukup besar, dan yang pasti ini bisa digunakan membuka blokiran situs dari pemerintah, namun sekali lagi, Edge VPN harus digunakan dengan bijak sebaik baiknya, mengingat batasan data bandwidth bulanan yang terbatas.

Nah itulah ulasan singkat dari saya, mungkin kamu memiliki perbedaan pendapat?, jangan sungkan untuk komen dibawah guys, dan apakah kamu suka Edge Secure Network ini?, atau kamu punya Provider VPN langganan? bisa spill dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.