Home Review Review: Tampilan dan Fitur Baru di Windows 10 Mobile Creators Update (Part...

Review: Tampilan dan Fitur Baru di Windows 10 Mobile Creators Update (Part 1)

Setelah beberapa hari mendapatkan Creators Update, sudahkah kamu menemui perubahan dan fitur-fitur baru Windows 10 Creators Update? Saya ramai menerima komentar ‘tidak ada fitur baru’ dari banyak teman sesama pengguna perangkat Windows 10 Mobile yang mendapatkan Creators Update. Benarkah demikian? Malahan saya ingin minta maaf karena dalam artikel berseri tentang Creators Update ini kemungkinan ada beberapa fitur dan tampilan yang terlewat atau tidak saya cantumkan.

Disclaimer: Pembahasan saya terkait fitur ini tidak mengikuti urutan tertentu, jadi teman-teman bisa saja secara random membaca artikel seri tertentu atau mencoba fitur yang mana saja yang menjadikan teman-teman penasaran untuk mencobanya.

Berikut ini beberapa fitur dan tampilan baru Windows 10 Creators Update!

 

Bluetooth dan Wi-Fi Experience Baru

Di Windows 10 Mobile Creators Update ini, kamu mendapatkan perubahan UX (tampilan antarmuka) untuk Bluetooth dan WiFi. Bukan hanya berubah, namun tampilan ini memberikan petunjuk yang lebih detail untuk memanajemen perangkat Bluetooth yang kamu sambungkan ke Windows Mobile 10. Jika kamu memiliki alat Miracast atau Wireless dock, maka kamu bisa langsung menyambungkannya dengan perangkat Windows 10 Mobile untuk kemudian langsung menggunakan fitur Continuum.

Untuk WiFi, juga terdapat pengaturan yang lebih detail. Saya belum sepenuhnya mengotak-atik tampilan WiFi ini, namun sepertinya dengan perubahan WiFi, lebih mudah untuk terhubung ke Hotspot atau WiFi.ID di luaran, juga lebih aman karena ada opsi untuk mengganti kode perangkat yang kamu hubungkan setiap kali kamu terhubung dengan fasilitas WiFi yang tidak familiar denganmu (misalnya di ruang publik).

 

Semakin Ramah Perangkat Mouse dan Keyboard

Perubahan UX juga menyasar pada perangkat periferal yang ingin disambungkan ke Windows 10 Mobile. Ada opsi khusus untuk keyboard dan Mouse, serta adanya detail manajemen khusus.

Hal yang menarik, kalau kamu menggunakan mouse, maka di setiap tampilan antarmuka yang sedang kamu buka, jika memanjang ke bawah, maka kamu akan melihat scrollbar sebagaimana halnya yang biasa kita lihat pada layar PC untuk memudahkan kamu melakukan scrolling dengan mouse.

 

OAuth Baru untuk Email Yahoo

Setelah sempat bermasalah dengan Yahoo beberapa waktu yang lalu (Yahoo mail menganggap perangkat Lumia sebagai ‘perangkat tidak aman’), kini keduanya bisa kompak dengan adanya OAuth baru. Jika kamu awam dengan istilah ini, OAuth adalah protokol terbuka yang memungkinkan pengguna berbagi sumber pribadi, dalam artian Yahoo akan ‘merestui’ perangkat kamu untuk menggunakan layanan Yahoo secara aman.

 

Opsi Mematikan Glance saat Charging

Secara umum, saat melakukan charging, glance akan menyala. Mungkin karena sudah terbiasa, kamu bahkan akan menganggapnya sebagai ‘penanda’ bahwa listrik masuk ke ponsel kamu saat charging.

Namun dalam skenario tertentu, misalnya kamu ingin tidur dan cahaya dari glance di ponsel kamu mengganggu (ini sebenarnya sudah coba diatasi oleh Nokia dan Microsoft dengan memberikan fitur ‘night mode’ – Glance berwarna merah, biru, atau hijau), maka kamu mendapatkan opsi untuk mematikannya sekarang.

 

UX Color Profile (Sedikit) baru

Ini mungkin sedikit trivial, tapi di Color Profile, kamu mendapatkan tambahan manajemen “Tint”. Kombinasi pengaturan profil warna ini memudahkan kamu menentukan profil RGB seperti apa yang pas seperti keinginan kamu untuk layar perangkat Windows 10 Mobile milikmu.

 

SD Card Encryption

Banyak menyimpan rahasia di ponsel? Kini kamu bisa mengenkripsi SD Card kamu, sehingga saat terjadi situasi yang tidak diinginkan, misalnya ada seseorang mencuri ponsel kamu, untuk memastikan mereka tidak menyalahgunakan data yang ada di memori ponsel, maka kamu bisa langsung mengunci, bahkan menghapus seluruh data.

Perhatian! Jika kamu memasang enkripsi pada SD Card, maka ada satu hal yang perlu kamu perhatikan! Jika kamu mereset ponsel kamu, maka data di SD Card akan langsung ikut dihapus.

Jadi jika kamu ingin melakukan reset, jangan lupa backup dulu seluruh data kamu jika tidak ingin kehilangannya.

 

Apps for Website

Kamu mendapatkan fitur baru yang dapat diakses dari Settings > Apps. Ada tiga fitur pilihan, yaitu: Apps & Features, Offline maps, dan Apps for Websites.

Apa itu Apps for Website? Sebenarnya fitur ini sebelumnya sudah kamu lihat di Build terdahulu, hanya lebih disempurnakan di sini. Dengan mengaktifkan Apps for website, maka saat kamu mengakses website tertentu yang kamu memiliki apps-nya, maka secara otomatis apps milikmu akan terbuka alih-alih membukanya dari web, yang tentu saja akan lebih menghemat kuota data dan memungkinkan kamu memiliki lebih banyak fitur.

 

Reset Aplikasi

App reset atau Reset aplikasi ini merupakan salah satu fitur yang lama ditunggu-tunggu oleh pengguna Lumia yang memiliki storage cekak. Seperti yang kita ketahui, pada umumnya aplikasi akan semakin membengkak dan membesar seiring bertambahnya data. Jika sudah terlalu penuh hingga memakan storage, kita biasa mengatasi situasi semacam ini dengan menghapus aplikasi, lalu install kembali.

Namun kini Microsoft memberikan solusi lebih mudah! Kamu cukup menekan tombol Reset setelah masuk ke aplikasi tertentu yang kamu inginkan dari Settings > Apps > Apps & Features – Lalu pilih aplikasi yang ingin direset dari daftar menu.

Menekan reset akan menjadikan aplikasi kamu kembali ke posisi awal, sehingga kamu bisa menyelamatkan storage kamu yang mungkin kepenuhan!

 

Itu dia beberapa fitur dan tampilan baru dari Windows 10 Mobile Creators Update. Dari sekian banyak hal baru diatas, yang mana fitur favorit kamu? Eh, masih kurang banyak? Jangan khawatir! Ini baru bagian pertama dari beberapa seri review Windows 10 Mobile Creators Update yang saya rencanakan. Nantikan seri selanjutnya!

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta