Home Editorial Apa Sih Kepanjangan “S“ di Windows 10 S?

Apa Sih Kepanjangan “S“ di Windows 10 S?

Browser dan Search Engine Default Windows 10 S Tidak Bisa Diganti Selain Edge dan Bing

Windows 10 S sudah dirilis oleh Microsoft bersamaan dengan perilisan Surface Laptop. OEM seperti Acer dan HP pun langsung merilis laptop Windows 10 S, yang pastinya segera diikuti oleh berbagai brand OEM lainnya.

Lalu apa sih sebenarnya kepanjangan “S” di Windows 10 S tersebut?

Windows Chief, Terry Myerson menyatakan bahwa “S” di Windows 10 S berarti:

  • Secure
  • Superior performance
  • Streamlined for simplicity
  • “Soul” of Windows 10

Windows 10 S memang seperti Windows 10 Pro yang sudah disederhanakan dan hanya bisa menjalankan aplikasi dari Windows Store saja. Namun penyederhanaan tersebut membuat Windows 10 S ini lebih aman, awet baterai, serta lebih kencang. (Baca: Apa itu Windows 10 S dan Apa Bedanya dengan Windows 10 Pro / Home)

Namun demikian mengungat Windows 10 S ini diperuntukkan bagi pelajar dan hanya bisa menjalankan aplikasi dari Windows Store, maka “S” juga bisa merupakan kepanjangan Student ataupun Store.

Selain hanya bisa diinstall aplikasi dari Windows Store, browser default Windows 10 S tidak bisa diubah dari Edge, dan mesin pencari defaultnya juga tidak bisa diubah dari Bing. (Baca: Browser dan Search Engine Windows 10 S Tidak Bisa Diganti Selain Edge dan Bing)

Namun demikian bagi kamu yang nantinya memiliki laptop Windows 10 S, kamu bisa upgrade Windows 10 S ke Windows 10 Pro dengan membayar $49 melalui Windows Store. (Baca: Mau Upgrade dari Windows 10 S ke Windows 10 Pro? Ini Harganya)

Itulah kepanjangan “S” di Windows 10 S, semoga menjawab rasa penasaran kamu selama ini.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.