Home PC Review Windows 10 Insider Preview Build 11099

Review Windows 10 Insider Preview Build 11099

reviewbuild11099_1

Seperti yang kita ketahui 2 hari yang lalu Microsoft merilis Build 11099 ke pengguna Fast Ring, yang mana merupakan build pertama yang dirilis oleh Microsoft tahun ini setelah Build 11082 pada bulan desember tahun lalu.

Sebelumnya Gabe Aul pernah mengatakan melalui twitternya ketika menggunakan Internal ring Build 11097, dia mengatakan bahwa perubahan pada user experience ataupun user interface, melainkan hanya memperbaiki bugs serta stabilitas, yang artinya pada build ini kita tidak bisa mengharapkan perubahan tampilan atau penambahan fitur, jika dilihat dari jarak angka build yang tidak jauh dengan 11097 yang digunakan Gabe beberapa hari lalu.

Tetapi bukan berarti pada build ini tidak ada perubahan sama sekali meskipun itu tersembunyi. Pertama adalah telah diperbaikinya progress dialog copy/paste yang tidak muncul pada build sebelumnya.

reviewbuild11099_2

Kemudian pada browser Microsoft Edge juga telah diupdate dari versi 25.11082 ke versi 27.11099, kemudian juga telah ditambahkan opsi untuk meload ekstensi yang unload pada ‘about:flag‘ meskipun sepertinya belum berfungsi sepenuhnya. Serta telah ditambahkan icon kusor ‘grab‘, yang akan berubah ketika melakukan grab ataupun grabbing objek.

Dan terakhir pada bagian desktop sekarang terlihat watermark yang menampilkan buildstring secara lengkap. Tertulis ‘11099.1000.rs1_release.160109-1156‘.

reviewbuild11099_6

Selain datang sedikit perubahan, build ini juga datang dengan known issue (atau masalah yang diketahui), diantaranya.

  • Bagi pengguna VDI Citrix XenDesktop kemungkinan akan mendapat crash sehingga tidak bisa log on. Jadi disarankan untuk switch ke settingan slow ring, hingga menunggu versi slow ring keluar.
  • Untuk aplikasi yang mengandalkan Adobe Flash seperti Skype, QQ, WeChat, dll. Kemungkinan akan mendapatkan crash pada saat pertama dijalankan. Tetapi ini tidak berpengaruh pada Microsoft Edge dan Internet Explorer.
  • Di Build ini, beberapa default apps akan kembali ke settingan awal, seperti File music yang kembali ke Windows Media Player. Untuk mengkonfigurasi ulang, search dengan kata kunci ‘Choose a default app for each type of file‘.

Nah itulah review saya ketika menggunakan Build 11099 ini, memang tidak bisa dibilang ‘Wah!’ karena hanya merujuk kepada perbaikan saja, dan di blognya Microsoft juga mengatakan bahwa akan ada beberapa build lagi sebelum nantinya akan terlihat perubahan.

Jadi apakah kamu juga telah menginstall build ini?, let us know! ;)

  Solusi Laptop Minim Storage  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.