reviewbuild10136_1.jpg

Seperti yang kamu ketahui bahwa Microsoft telah merilis Windows 10 Preview untuk phone build 10136 baru-baru ini, meskipun build ini tidak sepenuhnya menjadi kabar baik bagi Insiders karena untuk mendapatkan build ini tidak bisa langsung dari Phone update, melainkan hanya bisa didapat dari device yang sebelumnya menggunakan Windows Phone 8.1. Jadi untuk pengguna Preview build sebelumnya yakni 10080, harus Rollback terlebih dahulu sebelum mencicip build ini.

Tetapi Microsoft berjanji akan segera memperbaiki bug ini agar pengguna build 10080 bisa update ke build 10136 tanpa rollback terlebih dahulu. Nah jika kamu tidak tertarik dengan build ini ataupun takut akan terjadi banyak bug pada device kamu, kali ini WinPoin akan memberikan Review dari Windows 10 Mobile Preview build 10136.

 

Peningkatan tampilan antar muka

Untuk urusan tampilan, ada beberapa penambahan dan perbaikan yang di berikan pada build ini. Seperti pada bagian PIN pad di lockscreen yang dibuat transparan, sehingga gambar pada lockscreen masih terlihat sangat jelas.

reviewbuild10136_2.jpg

Selain itu Microsoft juga sibuk untuk membuat User Experience yang lebih baik dari build sebelumnya. Seperti mengganti Icon, font, layout, dsb. Contohnya icon navigasi pada app Camera dan kedepannya mungkin akan lebih baik lagi sebelum mendekati final nantinya.

reviewbuild10136_3

 

Peningkatan pada App Photo

Untuk Aplikasi photo pada build ini, terdapat fitur baru yakni kamu dapat ‘Jump’ berdasarkan urutan bulan dari photo tersebut.

reviewbuild10136_4

Dan ada sedikit tambahan kecil ketika kamu bernavigasi pada app photo di build ini. Dimana kamu dapat melakukan Zoom photo secara cepat dengan cara double tap ada photo yang ingin di zoom.

 

Hamburger Menu Pada Cortana

reviewbuild10136_5.jpg

Untuk Cortana sendiri pada build ini telah di tambahkan Hamburger menu pada sisi kiri atas dan juga telah ditambahkan dark theme pada UI Cortana. Microsoft juga mengabarkan bahwa desain ini sudah hampir mendekati final.

 

Peningkatan untuk Penggunaan Satu tangan

Jika kamu lebih sering menggunakan Lumia dengan satu tangan, pada build ini telah diberikan kemudahan untuk yang suka menggunakan Lumia dengan satu tangan. Kini kamu bisa meraih App yang terletak pada atas startscreen dengan cara menekan tombol Start button selama beberapa detik hingga layar tertarik kebawah.

reviewbuild10136_6

Dengan begitu kamu dapat langsung meraih App yang terletak dibagian paling atas dari startscreen. Ini sangat berguna bagi kamu yang menggunakan device dengan layar berukuran 5 Inchi keatas. untuk mengembalikannya kamu cukup menekan tombol start lagi untuk beberapa detik.

 

Masalah pada Build ini

Untuk persoalan masalah pada build ini tentunya tetap ada dan bervariasi seperti yang saya temukan beberapa masalah.

  • Duplikat tile ketika selesai menginstall build ini. seperti Tile Phone dan tile Search
  • App Skype hasil upgrade dari Windows Phone 8.1 menjadi error
  • Baru selesai menginstall, sekitar 10 menit kemudian device restart sendiri

Meskipun pada halaman blog microsoft mereport lebih banyak isu yang terjadi pada build ini. Tetapi untungnya belum terjadi pada Device saya.

 

Kesimpulan

Jadi intinya dibuild ini lebih mengacu kepada Pengoptimalan sistem Windows 10 mobile agar lebih matang nantinya pada saat Final Windows 10 Mobile. untuk Device sendiri saya menggunakan Lumia 640 XL, dan dalam hal bernavigasi pada build ini bisa dibilang cukup memuaskan. Jika kamu menemukan hal baru atau masalah pada Build ini, silahkan berkomentar.

  iPhone Refurbished, Rekondisi, CPO..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.