Home News Saat Ini Windows Phone Bukan Menjadi Fokus Utama Microsoft, Tetapi Akan Terus...

Saat Ini Windows Phone Bukan Menjadi Fokus Utama Microsoft, Tetapi Akan Terus Dikembangkan

Saat Ini Windows Phone Bukan Menjadi Fokus Utama Microsoft, Tetapi Akan Terus Dikembangkan

Di event BUILD 2016 kemarin, ada kabar yang cukup bikin sedih, namun ada juga yang bikin tenang pengguna Windows 10 Mobile.

Memang jika kamu melihat event BUILD 2016 kemarin secara penuh melalui Live Streaming, maka akan ada satu hal yang berbeda dibandingkan event BUILD tahun sebelumnya.

Jika di BUILD sebelumnya Windows 10 dan Windows 10 Mobile menjadi bintang utama, kini yang menjadi bintang utama adalah Windows 10 Redstone (Anniversary Update) dan HoloLens. Windows 10 Mobile sendiri kemarin cukup jarang keluar, kecuali saat mendemokan Skype yang berjalan di Windows 10 Mobile.

Nah kabar sedihnya dimulai disini.

Ketika ditanya TheVerge tentang bagaimana kelanjutan Windows 10 Mobile, Microsoft melalui Terry Myerson menyatakan bahwa:

Kami berkomitmen secara penuh terhadap layar 4 inch (smartphone), dan akan ada masa bagi kami untuk fokus kesana. Saat ini Windows 10 Mobile merupakan bagian dari keluarga Windows, tetapi tidak lagi menjadi core (fokus utama) dalam menarik developer hingga setahun kedepan.

 

Tidak ada yang meragukan pentingnya form factor (smartphone) tersebut, tetapi bagi Microsoft dengan Windows dan platform yang kami kembangkan, smartphone adalah tempat yang salah bagi kami untuk memimpin.

Saat ditanya seputar pengembangan market Windows 10, Terry Myerson menambahkan:

Jika kamu ingin menggapai banyak sekali konsumen smartphone, Windows Phone (Windows 10 Mobile) bukanlah jalan yang tepat.

 

Jika kamu ingin menggapai banyak konsumen Windows, maka market terbesar adalah pengguna Windows di layar 9 – 30 inch.

 

Jika kamu ingin melakukan hal baru dan menarik, maka Xbox dan HoloLens adalah tempat yang tepat untuk kita diskusikan

Namun demikian, ada juga pernyataan yang membuat kita sebagai pengguna Windows 10 Mobile bisa merasa tenang, yaitu bahwa Windows 10 Mobile merupakan bagian dari keluarga Windows yang akan terus dikembangkan.

Microsoft juga menyatakan akan ada masa untuk kembali menjadikan Windows 10 Mobile sebagai fokus utama lagi.

Terlebih masih ada beberapa cool things yang bakal dilakukan Microsoft terhadap Windows 10 Mobile, seperti yang dinyatakan sendiri oleh Terry Myerson kemarin:

Kami masih akan melakukan beberapa hal keren dengan smartphone (Windows 10 Mobile), dan tahun ini posisinya sangat penting bagi keluarga kami (Windows), namun bukan menjadi ujung tombak kami

Itulah kabar yang di satu sisi cukup bisa membuat sedih, tetapi di sisi lain bisa membuat kita tenang karena ada jaminan bahwa Windows 10 Mobile akan terus dikembangkan seiring dengan pengembangan Windows, dan jika masa nya sudah tepat bukan tidak mungkin bakal kembali masuk dalam core fokus Microsoft.

Saya sendiri yakin bahwa seiring dengan pengembangan Windows 10 PC, Windows 10 Mobile juga bakal terus mengikuti. Hal ini karena sekarang Windows 10 merupakan multi-factor OS, dimana jika Microsoft ingin membuat Windows 10 keren (dengan berbagai fitur baru seperti continuity, continuum, handoff, dsb), maka secara otomatis Windows 10 Mobile juga akan terkena dampak positif pengembangannya.

Jadi sangat menarik untuk melihat bagaimana perjalanan phone-factor dari Windows 10 ini dalam setahun kedepan, khususnya melalui event BUILD 2017 mendatang.

via BUILD 2016 | theverge | windowscentral | mspoweruser

  Solusi Laptop Minim Storage  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.