via Yahoo Finance

Kemarin Winpoin mengabarkan tentang protes karyawan Microsoft terkait penggunaan HoloLens untuk kepentingan militer. Boss Microsoft, Satya Nadella, yang sedang berada di arena MWC 2019 Barcelona menanggapi keluhan karyawan tersebut dalam sebuah wawancara dengan CNN. Satya antara lain menyatakan bahwa Microsoft telah mengambil sebuah ‘keputusan prinsipil’ untuk mendukung ‘institusi yang berjuang mempertahankan kemerdekaan yang dinikmati Amerika’. Namun demikian, Microsoft akan bersikap transparan dalam tindak lanjut kontrak dengan militer AS tersebut, serta akan mendiskusikan hal ini lebih lanjut dengan semua karyawan, agar semua orang merasa nyaman.

Seperti yang diberitakan November lalu, Microsoft menyepakati kontrak senilai USD 479 juta untuk memasok HoloLens dalam kepentingan pelatihan militer serta simulasi perang tingkat lanjut. Dengan demikian, prajurit militer AS akan memiliki kemampuan lebih baik dalam mengambil keputusan.

“Kami telah mengambil keputusan prinsipil bahwa kami tidak akan menahan teknologi dari lembaga yang telah kami pilih secara demokrasi untuk melindungi kemerdekaan yang kita nikmati saat ini,” demikian kata Nadella dalam wawancaranya dengan CNN Business di acara MWC tersebut.

CNN dalam hal ini mengungkap bahwa sebenarnya ini bukan pertama kali Microsoft menjual peralatan tersebut untuk kepentingan militer. Sebelumnya perangkat HoloLens ini juga telah dibeli dalam jumlah besar oleh militer Israel. Selain untuk kepentingan latihan perang, perangkat ini juga akan dimanfaatkan di bidang medis agar para dokter dapat mengambil keputusan lebih cepat dan lebih baik dalam menghadapi suatu kasus medis. Hanya saja, dengan militer AS, Microsoft terikat oleh sebuah kontrak eksklusif sehingga pengembangan lanjutan HoloLens dan juga dukungan penuh Microsoft akan dinikmati oleh militer AS.

Ini menunjukkan betapa andalnya perangkat mixed reality buatan Microsoft ini. Nampaknya butuh waktu lama bagi pesaingnya, seperti Magic Leap untuk mencapai tataran yang telah dicapai oleh Microsoft.

 

 

Sumber: Engadget, CNN

  Duel Klasik VIVO vs OPPO..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.