Sekali Lagi Microsoft Menegaskan: Tanpa Lisensi Windows 7 / 8.1 Valid Insider Tidak Bisa Mendapatkan Windows 10 Gratis

Beberapa hari terakhir kita sering di mention di Facebook ataupun Twitter dengan informasi seputar digratiskannya Windows 10 untuk member Windows Insider meskipun tanpa lisensi Windows 7 / 8.1 valid.

Hal ini tidak mengherankan karena beberapa blog luar negeri memang mengabarkan hal ini, mengutip dari pernyataan Microsoft di halaman pengumuman Windows 10 berikut ini

As long as you are running an Insider Preview build and connected with the MSA you used to register, you will receive the Windows 10 final release build and remain activated. Once you have successfully installed this build and activated, you will also be able to clean install on that PC from final media if you want to start over fresh.

Namun kita sudah menebak bahwa pengumuman tersebut bakal segera direvisi, karena memang beberapa kali Microsoft melakukan hal yang sama — mengumumkan informasi yang rancu sehingga menyebabkan beberapa orang salah tangkap (misleading), lalu akhirnya direvisi lagi untuk meluruskannya.

Dan ternyata benar, sama seperti sebelum-sebelumnya Microsoft kembali merevisi pernyataannya dan menegaskan bahwa tanpa lisensi Windows 7 / 8.1 yang valid member Windows Insider tidak bisa mendapatkan lisensi Windows 10 secara gratis.

Berikut ini revisi Microsoft dari pengumuman tersebut:

As long as you are running an Insider Preview build and connected with the MSA you used to register, you will receive the Windows 10 final release build. Once you have successfully installed this build, you will also be able to clean install on that PC from final media if you want to start over fresh. It’s important to note that only people running Genuine Windows 7 or Windows 8.1 can upgrade to Windows 10 as part of the free upgrade offer.*

Dari kalimat terakhir pernyataan tersebut sudah jelas bahwa yang bisa menikmati penawaran upgrade gratis ke Windows 10 HANYA pengguna Windows 7 / 8.1 dengan lisensi valid yang aktif. Member Windows Insider pun jika tanpa lisensi Windows 7 / 8.1 aktif tidak bisa ikut menikmati promo tersebut.

Kita tahu banyak dari kamu bakal merasa kecewa, tetapi bagaimana lagi? Itu sudah menjadi kebijakan final dari Microsoft.

Semoga saja kedepannya Microsoft lebih tegas dan jelas dalam memberikan pengumuman sehingga tidak banyak orang yang salah tangkap dan akhirnya menjadi kecewa.

Karena jujur saja, pernyataan revisi terbaru dari Microsoft-pun juga masih rancu hingga saat ini. Terutama dari pernyataan:

As long as you are running an Insider Preview build and connected with the MSA you used to register, you will receive the Windows 10 final release build.

Disitu tersirat bahwa selama member Insider menginstall Windows 10 Preview dan terhubung dengan Microsoft Account yang terdaftar di program Insider, maka akan mendapatkan Windows 10 Final.

Entah kenapa Microsoft membuat pengumuman yang serancu itu. Kita yakin bahwa di luar sana masih banyak orang yang salah tanggap terhadap pernyataan itu dan menganggap Windows 10 gratis bagi seluruh member Insider.

  Ubuntu 18.10, Kurang Apa Lagi..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.