featured_series

Halo teman-teman WinPoin, kali ini saya ingin mengumumkan sesuatu. Selama beberapa hari kedepan saya akan rutin menulis artikel berseri bagaimana caranya kita mengembangkan app di Windows Phone 8.1.

Saya sendiri juga masih dalam tahap belajar, jadi maafkan jika ada kesalahan baik itu cara penulisan maupun hal teknis, hehe. Mungkin langsung saja yak.

 

Pendahuluan

Sebelum memulai pengembangan Windows Phone 8.1, kamu memerlukan sebuah alat bantu pengembangan bernama IDE. IDE (Integrated Development Environment) yang akan digunakan disini yaitu Visual Studio 2013 Community Edition yang bisa didapatkan gratis.

Dengan Visual studio ini kamu dapat mengembangkan aplikasi Store (Windows & Windows Phone), Web (ASP.NET), ataupun Desktop (WPF maupun Windows Form). Namun kita akan lebih fokus pada pengembangan Windows Phone 8.1 yang menggunakan Windows Runtime untuk persiapan Universal Apps kedepannya.

 

Spesifikasi Kebutuhan

Namun sebelum melanjutkan topik ini, kamu perlu memastikan komputermu memenuhi kriteria spesifikasi sebagai berikut untuk menjalankan emulator Windows Phone 8.1 dan kebutuhan Visual Studio :

  • RAM 4GB atau lebih. (untuk Emulator)
  • Ruang kosong di hardisk 15GB atau lebih
  • BIOS harus mendukung fitur : Hardware-assisted virtualization, Second Level Address Translation (SLAT), Hardware-based Data Execution Prevention (DEP).
  • Sistem Operasi: Windows 8.1 Pro 64 bit atau lebih tinggi

Ingat: Kamu perlu mengaktifkan Hyper-v di BIOS sebelum kamu bisa menjalankan emulator.

 

Persiapan Berkas

Pastikan kamu punya installer atau ISO Visual Studio 2013 Community Update 4, karena di dalamnya sudah tersedia Windows Phone SDK 8 beserta emulator image dari Windows Phone 8.1.

Berkas Installer atau ISO Visual Studio Community 2013 dapat kamu temukan di halaman ini. Untuk ISO sendiri ukurannya sangat besar yaitu 7GB jadi pastikan koneksi internetmu cukup memadai.

 

Langkah-Langkah Instalasi

Pada bab ini, saya akan berfokus pada bagaimana caranya kamu menginstall dan mempersiapkan lingkungan pengembangan dalam komputermu. Dengan asumsi kamu telah memiliki ISO Visual Studio 2013 Community Edition, berikut langkah-langkah instalasinya:

1. Mount berkas ISO Visual Studio 2013 Community Edition, kemudian jalankan berkas vs_community.exe yang ada di dalam DVD Drive. Centang checkboxI agree to the License Terms and Privacy Policy”, kemudian klik tombol Next.

1

 

2. Selanjutnya kamu akan dihadapkan pilihan fitur yang akan diinstall, disini saya mencentang semua fitur yang ada termasuk di dalamnya Windows Phone 8.0 SDK. Kemudian klik tombol install.

2

 

3. Sampai disini akan membutuhkan waktu yang sangat lama, terhitung waktu yang saya butuhkan untuk instalasi ini sekitar 1-2 jam.

3

 

4. Selanjutnya akan muncul window setup completed. Klik tombol Launch untuk membuka Visual Studio 2013 Community Edition.

4

 

5. Selamat ! sekarang kamu sudah satu langkah lebih dekat untuk mempunyai app windows phone 8.1 buatanmu sendiri.

5

 

Oke, untuk bagian 1 sampai disini dulu. Bagian 2 tentang cara membuat project, menulis kode xaml + cs beserta cara menjalankan emulator dapat dilihat disini.

Terus pantengin WinPoin yak untuk update selanjutnya. 

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.