Diluar sana, ada berbagai teknik untuk melakukan Scanning port dari sebuah website atau server, misalkan salah satunya seperti TCP connect scan, atau TCP SYN scan (jika tidak salah), beberapa pengamat keamanan biasanya menggunakan tools bernama NMap untuk melakukan scanning port tersebut.

Namun tahukah kamu, ada sebuah extensi untuk browser chromium yang dapat memungkinkan pengguna untuk melihat dengan cepat port mana saja yang terbuka dalam sebuah website atau server, dan tentu dengan extensi ini membuat mereka para peneliti keamanan mungkin sedikit dapat menghemat waktunya untuk menemukan port yang terbuka.

Disebut dengan Shodan, yang juga ditawarkan oleh www.shodan.io dan tersedia di Chrome Web Store, extensi ini ketika diinstall akan menampilkan informasi dari IP, Negara, Hosting dan Open Port yang tersedia dari sebuah website atau server, dan tentu informasi ini cukup penting terutama bagi mereka IT admin untuk menutup akses dari port website mereka yang seandainya memang tidak diperlukan.

Dari sisi positif extensi ini cukup bermanfaat untuk menambah pengawasan dari port yang terbuka dalam website yang dimiliki, dan tentu jika ada celah IT admin dapat dengan mudah menutup port tersebut, namun tentu selain dari sisi negatifnya, mungkin saja extensi ini dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan pengambilan data, atau hal hal negatif lainnya.

Bagi yang kamu penasaran, kamu dapat mencoba ekstensi ini dengan mendownloadnya di halaman Chrome Web Store berikut.

Nah silahkan dicoba deh, dan bagaimana menurutmu mengenai ekstensi ini? silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

  Technow #44: Redmi Note 9 Pro 5G! Biaya Produksi iPhone 12, Nokia 9.3 PureView 5G Mundur..!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.