Siapa yang tidak kenal dengan fitur sleeping tabs, salah satu fitur unggulan yang dihadirkan Microsoft pada browser mereka Microsoft Edge Chromium.

Fitur sleeping tabs ini sendiri akan sudah hadir sejak Microsoft Edge 105 dan akan bekerja dengan cara menghentikan sementara proses dari tab yang sedang tidak pengguna akses untuk mengurangi beban memory, jadi dengan itu pengguna bisa membuka lebih banyak tab tanpa harus takut kehabisan RAM.

Mengenai fitur ini, berdasarkan halaman resmi Microsoft, pada bulan September 2022 kemarin, Microsoft setidaknya membantu mengurangi beban RAM melalui fitur tersebut, dan setidaknya ada 1.38 miliar tab yang berhasil di atur untuk mengurangi beban RAM.

Dari total tab tersebut, rata rata fitur sleeping tab meringankan memory usage hingga 83% tanpa mengurangi atau memperlambat kinerja Microsoft Edge Chromium, dan tentu ini adalah hal yang mengagumkan.

Dan apa coba yang lebih menarik lagi?, ternyata Microsoft selama ini melihat behavior pengguna Microsoft Edge melalui sleeping tab untuk melacak dan mendeteksi bagaimana kinerja browser sehingga terciptalah angka statistik diatas, dan tentu ini memang sih bukanlah sebuah masalah karena bagaimanapun data yang diambil mungkin diperlukan untuk pengembangan browser agar menjadi lebih baik lagi.

Bagaimana menurutmu? apakah kamu suka dengan Microsoft Edge Chromium dan apakah kamu terbantu dengan fitur sleeping tabs ini? komen dibawah guys.

Via : Microsoft

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.