Sebuah penelitian yang dilakukan dalam jangka waktu dua setengah tahun di Amerika Serikat dan Kanada oleh HYPR, mengungkapkan statistik yang cukup menghawatirkan tentang bagaimana pengguna internet mengelola kata sandi mereka, baik dalam kehidupan pribadi ataupun ditempat kerja.

Berdasarkan hasil survey yang diisi oleh 500 responden, 78% dari mereka mengatakan bahwa, mereka harus melakukan reset password untuk setidaknya satu akun pribadi dalam 90 hari terakhir, 57% juga mengatakan bahwa reset password juga diperlukan untuk akun kerja mereka.

Yang juga menghawatirkan adalah bahwa terlalu banyak pengguna yang mengandalkan ingatan dan daftar fisik (seperti excel, notes, dan kawan kawannya), untuk memanajemen password mereka, dan hanya sekitar 30% saja yang mengandalkan Password Manager. Masalah tingkat keamanan akun dan password, hanya 28% pengguna yang menggunakan unique password untuk setiap akun yang mereka gunakan, dan 72% sisanya masih menggunakan password yang sama.

“People still rely on traditional means of keeping important information out of memory but yet still accessible. This previously meant simple pieces of paper or notes, but have since transitioned with the digital revolution to Word docs, emails, spreadsheets, and so on,” penelitian menunjukan.

“People do not rely on technology that’s created to help them manage their passwords. This is due to a lack of knowledge of their existence, uncertainty of how to use them, and not trusting a third party to keep their passwords secure and not share them.”

Tentunya survey yang dilakukan di AS dan Kanada ini bisa memberikan kita pandangan, bahwa celah keamanan lebih terbuka lebar dari sisi penggunanya sendiri, apalagi jika pengguna masih menggunakan password yang sama untuk setiap akun miliknya. Untuk di Indonesia, saya rasa kasusnya tidak akan jauh berbeda, karena masih banyak orang yang sering kelupaan password akun mereka sendiri.

Nah bagaimana menurutmu? apa kamu pake Password Manager? kalo saya sendiri pake Lastpass.

Sumber : HYPR Via News Softpedia

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.