via Into Windows

Windows 10 merupakan versi terbaru dari OS Microsoft Windows, dalam setahun setidaknya ada 2 update besar yang menanti Windows 10. Update tersebut biasanya digulirkan sekitar bulan Maret-April dan September-Oktober.

Ternyata, bukan hanya fitur baru saja yang diberikan oleh Microsoft setiap kali ada update baru. Yups, betul sekali, ada juga masalah yang akan kamu alami setiap melakukan update dan salah satu masalah yang seringkali WinPoin jumpai adalah resolusi layar yang tak bisa diubah!

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini WinPoin ingin memberitahukan kamu bagaimana cara memperbaiki masalah tersebut. Setidaknya ada 2 cara ampuh untuk memperbaiki masalah tersebut dan berikut ini adalah detailnya:

Cara Pertama (Update Display Driver Software)

Untuk cara pertama, silakan kamu pergi terlebih dahulu ke Device Manager (klik kanan Start dan cari Device Manager), setelah itu pastikan Display adapters sudah terinstall.

Jika sudah terinstall dan kamu masih belum bisa mengubah resolusi layar kamu, berarti itu tandanya driver (software) Display adapters yang kamu gunakan masih berada di versi lawas dan belum mendukung Windows 10.

Silakan update driver tersebut dengan klik kanan dan pilih opsi update driver dan nantinya kamu akan dihadapkan dengan 2 opsi yakni “Search automatically for updated driver software” atau “Browse my computer for driver software“. Pilih saja opsi pertama jika kamu terhubung ke internet karena nantinya PC kamu akan mencari driver software terbaru untuk kamu.

 

Cara Kedua (Reinstall Display Driver Software)

Jika cara pertama tidak work, itu tandanya ada masalah pada driver software yang kamu install. Bisa saja karena tidak kompatibel (sesuai) atau terjadi korup ketika proses pemasangan driver tersebut tengah berlangsung.

Jika demikian, maka kamu harus melakukan install ulang display driver software secara manual. Pastikan kamu sudah mengetahui tipe dan merek display driver yang terpasang pada PC kamu. Jika sudah kamu ketahui, silakan lakukan uninstall dan install kembali driver tersebut.

Nah itulah gaes, 2 cara ampuh untuk mengatasi masalah tak bisa mengubah resolusi layar Windows 10.

Semoga bermanfaat. 😁

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.