Tidak Lama Lagi Cortana Bakal Ada di (Setiap) Mobil

Dahulu Bill Gates punya visi untuk membawa PC di setiap rumah, dan sedikit banyak visi tersebut sudah tercapai. Kini Nadella punya visi untuk membawa Microsoft Technology ke setiap genggaman tangan — every device, every platform.

Salah satu implementasinya adalah menghadirkan Cortana ke berbagai platform, mulai dari Windows, iOS, Android, hingga Cyanogen. (Baca juga: Cortana Bakal Diintegrasikan Penuh ke Cyanogen OS, Mirip Seperti di Windows Phone)

Namun tidak berhenti hanya disitu saja, Microsoft ternyata juga tengah bersiap untuk membaca Cortana ke (setiap) mobil. Mereka kini tengah sibuk membuat prototype Cortana yang bisa ditanamkan di dashboard mobil dan digunakan oleh pengendara sebagai asistennya.

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini kita berinteraksi dengan mobil masih menggunakan tombol, kenop, panel, atau meskipun digital, tetapi masih perlu sentuhan tangan kita.

Ini artinya untuk berinteraksi seringkali kita masih harus mengalihkan pandangan saat mengemudi ke kenop dan tombol tersebut meskipun hanya selama beberapa detik.

Kedepannya Microsoft ingin agar pengemudi bisa berinteraksi dengan mobilnya tanpa harus mengalihkan pandangan dan mengurangi konsentrasinya saat berkendara.

Kamu tinggal bilang saja “Hey cortana, lock the door”, atau “Cortana, turn on the headlights”. Bahkan bisa jadi Cortana lebih cerdas lagi langsung mendeteksi ketika hujan turun dan menyalankan car wiper secara otomatis, atau mengingigatkan jika ada belokan-belokan tajam.

Intinya Microsoft ingin membuat mobil menjadi lebih cerdas di masa depan dengan hadirnya smart asistant Cortana didalamnya, dengan tujuan untuk memudahkan pengendara dan menurunkan resiko kecelakaan di jalan.

via taipei times

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.