Home News Tidak Pasang Rating Umur, Aplikasi di Windows Store Bakal Dicabut Microsoft

Tidak Pasang Rating Umur, Aplikasi di Windows Store Bakal Dicabut Microsoft

Rating Umur GameMicrosoft ingin memberikan layanan yang terbaik untuk penggunanya, termasuk pada Windows Store. Untuk itu, Microsoft meminta semua aplikasi yang ada di Windows Store untuk memasang rating umur.

Hal ini dilakukan karena Microsoft ingin patuh dengan International Age Rating Coalition (IARC) yang menaungi sistem rating umur di dunia. Rating umur ini berfungsi sebagai batasan minimal umur pengguna dalam aplikasi ataupun game.

Microsoft pun telah mengirimkan surat kepada seluruh pengembang aplikasi dan game yang ada di Windows Store untuk segera memasang rating umur tersebut.

Microsoft juga mewanti-wanti kepada pengembang aplikasi atau game untuk memasang rating sebelum 30 September 2016 mendatang. Jika lewat, aplikasi dan game tersebut bakal dicabut dari Windows Store oleh Microsoft.

Rating Umur Windows Store Microsoft

Dengan sistem IARC ini, pengembang akan dibuat lebih simpel karena tidak harus menginput manual satu per satu sistem rating yang ada di dunia seperti ESRB, PEGI ataupun DJCTQ.

Pengembang hanya perlu menjawab semacam kuesioner yang berisi kategori aplikasi, lalu beberapa pertanyaan seperti adakah unsur mengandung kekerasan, kata-kata kasar, horor, ataupun pornografi dalam aplikasi atau game tersebut.

Setelah selesai dijawab, rating umur sudah jadi untuk berbagai sistem rating umur yang ada di dunia, yakni:

  • Classification Board (ACB) untuk Australia
  • Classificação Indicativa (ClassInd) untuk Brazil
  • Entertainment Software Rating Board (ESRB) untuk America Utara
  • Pan European Game Information (PEGI) untuk Eropa
  • Unterhaltungssoftware Selbstkontrolle (USK) untuk Jerman
  • International Age Rating Coalition (IARC)

Adakah kamu yang menjadi pengembang aplikasi ataupun game dan dipublish di Windows Store? Lakukanlah penambahan rating umur ini secepatnya…

via Neowin

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Televisi dan Teknologi? Why not both Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi