Home Editorial Tips Agar Langgeng dengan Ponsel yang Memiliki Penyimpanan 16GB

Tips Agar Langgeng dengan Ponsel yang Memiliki Penyimpanan 16GB

Review Windows 10 Mobile Insider Build 14393.5 di Xiaomi Mi4

Bukan hubungan antara sesama saja yang perlu kita jaga, akan tetapi kita juga harus bisa menjaga hubungan dengan gadget kita, terutama smartphone. Terlebih lagi kini smartphone sepertinya sudah sangat sulit untuk dipisahkan.

Nah, sebelumnya WinPoin pernah mengadakan sebuah polling mengenai layak atau tidaknya membeli sebuah smartphone dengan penyimpanan 16GB pada tahun 2017 nanti, dan hasil akhirnya seperti berikut ini:

Tips Agar Langgeng dengan Ponsel yang Memiliki Penyimpanan 16GB

Tentu, sebuah smartphone dengan penyimpanan 16GB masih layak kamu beli pada tahun 2017 karena harga yang ditawarkan pastinya lebih menggiurkan, namun kamu juga pasti akan mengalami kendala untuk mengelola penyimpanannya. Walaupun pada smartphone tersebut ada SDCard yang bisa kamu gunakan untuk memindahkan file, aplikasi dan games dari penyimpanan internal, akan tetapi menurut WinPoin hal tersebut tidak terlalu berdampak besar karena performa yang diberikan SDCard tidak sebaik penyimpanan internal (bawaan) pada ponsel kamu.

Maka dari itu, untuk kamu yang memiliki rencana membeli smartphone dengan penyimpanan internal 16GB pada tahun 2017, berikut sedikit tips dari WinPoin agar kamu dapat langgeng dengan ponsel tersebut.

 

#1 Cek dan Belilah MicroSD (jika ponsel kamu mendukung)

Tips Memilih MicroSD Untuk Smartphone Kesayanganmu

Hal pertama sebelum membeli sebuah smartphone adalah mengetahui spesifikasinya, jika seandainya kamu membeli sebuah smartphone dengan penyimpanan internal 16GB, maka segeralah periksa apakah ponsel kamu mendukung MicroSD atau tidak!

Tentunya jika mendukung, hal ini bisa sedikit meringankan beban kamu dalam masalah penyimpanan dan mengelola file. Namun sayangnya, untuk menyimpan aplikasi dan game kamu memerlukan MicroSD terbaik dengan harga yang lumayan, karena pada dasarnya belum ada MicroSD yang diperuntukan untuk menyimpan aplikasi dan games.

Akan tetapi teknologi selalu berkembang pesat dan rumornya pada tahun depan akan hadir MicroSD berloo A1, MicroSD tersebut memiliki arti Application Performance Class 1. Maksudnya adalah microSD ini didesain sedemikian mungkin agar mampu menjalankan aplikasi sama mulusnya dengan menyimpannya di memori internal.

(Baca: Cari microSD? Pilih yang Berlogo A1)

#2 Selalu Upload file kamu ke Penyimpanan Cloud

Cara Memunculkan Foto dari OneDrive

Kuota internet di Indonesia sekarang ini sangat berlimpah, dengan harga 100K rata-rata kamu bisa mendapatkan kuota hingga 15GB! Maka dari itu, kondisi ini sangat cocok dan mendukung sekali jika kamu membeli ponsel dengan penyimpanan internal 16GB dan tak memiliki dukungan MicroSD.

Jadi, sebisa mungkin setelah kamu mengambil foto dan video segeralah upload ke penyimpanan cloud seperti Google Drive, OneDrive, Drop Box dan yang lainnya.

 

#3 Lebih sering Streaming ketimbang Menyimpan File

Seperti yang WinPoin katakan diatas, kuota internet di Indonesia sekarang ini sangat berlimpah. Maka, jika kamu memiliki ponsel yang penyimpanannya 16GB, terlebih lagi tak memiliki MicroSD, maka streaming merupakan salah satu cara terbaik untuk mengelola penyimpanan pada ponsel kamu.

Dengan melakukan streaming, entah itu streaming lagu ataupun video maka kamu bisa menghemat space pada penyimpanan internal kamu hingga 20%. Cukup lumayan bukan?

 

#4 Rutin menghapus Cache dan History

Tips Agar Langgeng dengan Ponsel yang Memiliki Penyimpanan 16GB

Sering kali kita lupa bahwa seiring dengan seringnya kita menggunakan suatu aplikasi dan browser pada ponsel, maka cache / history pada aplikasi tersebut akan menumpuk dan lama-lama data dari aplikasi tersebut akan membengkakan penyimpanan kita!

Maka, kamu harus rutin menghapus cache dan history agar dapat melegakan sedikit ruang pada ponsel kamu.

 

#5 Jangan menginstall game berlebihan

Tips Agar Langgeng dengan Ponsel yang Memiliki Penyimpanan 16GB

Jika kamu adalah seorang gamer di ponsel, maka kamu jangan membeli ponsel dengan penyimpanan 16GB. Karena, jika kamu membeli ponsel ini untuk bermain game maka bisa dipastikan kamu akan kecewa dan pastinya tak akan bertahan lama.

Karena suatu saat nanti kamu akan kebingungan, karena disatu sisi kamu harus mengelola penyimpanan untuk file, foto, video, aplikasi, update software, update os dan masih banyak lainnya.

Walaupun sebenarnya kamu bisa memindahkan game ke MicroSD tapi performa yang akan kamu dapatkan tak sebaik penyimpanan internal. Jadi, jika kamu ingin menginstall game pada ponsel yang memiliki penyimpanan sebesar 16GB, pastikan kamu menginstall di penyimpanan internal dan usahakan jangan terlalu banyak. Maksimal 3 atau 4 game sudah cukup, karena kamu juga perlu mempertimbangkan hal lainnya.

Nah, itulah beberapa tips dari WinPoin agar kamu dapat langgeng dengan ponsel yang memiliki penyimpanan 16GB apapun ponsel yang kamu gunakan, baik itu Windows, Android dan iPhone.

Sebenarnya fitur semacam OTG juga bermafaat untuk ponsel yang memiliki penyimpanan internal sebesar 16GB, tapi entah kenapa menurut saya pribadi hal tersebut kurang praktis dan efektif karena kamu memerlukan alat tambahan.

Oh, iya hampir lupa! Jika kamu memiliki tips lainnya jangan sungkan untuk membagikannya di kolom komentar.

Pssst..Tonton Video Review Terbaru Kepoin Tekno, Subscribe!

Talk = Do Something "Talk More Do More" | Pengguna Lumia 620 dan Xiaomi Mi4 Windows 10 Mobile, Punya pertanyaan seputar Windows 10 Mobile dan juga Xiaomi Mi4? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '