Windows Defender saat ini mendapati sebagai salah satu antivirus top di AVTest, Penilaiannya bisa dibilang sangat baik, dan bersandingan dengan beberapa antivirus Top lain, seperti Kaspersky Internet Security.

Windows Defender mendapatkan poin sempurna dari berbagai kategori, seperti Protections, Performance dan Usability.

Nah jika sudah seperti ini, maka bisa dibilang, Windows Defender cocok untuk menjadi pengamanan utama untuk system operasi yang kamu gunakan geng, Selain ringan, dia juga dikembangkan oleh Microsoft sendiri, jadi tentunya dukungannya akan sangat maksimal. Dan saya kira pasti sebagian pembaca Winpoin juga menggunakan Windows Defender kan?

Dan berikut adalah Tips aman dengan hanya menggunakan Windows Defender Sebagai Proteksi Utama.

Aktifkan Automatic Scan

Beberapa antivirus sering melakukan scanning secara otomatis tiap beberapa hari sekali, bahkan Kaspersky Internet Security yang saya gunakan, dia selalu melakukan scanning ketika system sedang idle.

Secara default Windows Defender biasanya tidak melakukan scanning otomatis, namun kamu bisa mengikuti tutorial berikut untuk mengaktifkannya. Baca Juga : Cara Aktifkan Automatic Scan di Windows Defender Windows 10

Aktifkan Ransomware Protections

Kamu pernah merasa khawatir perangkat kamu bakalan terkena Ransomware? tenang, secara default Windows Defender sudah menyediakan pengamanan dari masalah Ransomware, kamu bisa mengukuti tutorial berikut untuk mengaktifkannya. Baca Juga : Cara Aktifkan Ransomware Protections di Windows Defender Windows 10

Atur Jaringan!

Hal ini biasanya kita lewat, terutama bagi beberapa orang yang pengen cepet aja, klik and done. Tapi salah. ketika kamu pertama kali terkoneksi kedalam jaringan, biasanya akan ada pop up network rules yang harus kamu klik, baik itu Domain Network, Private Network, dan Public Network.

Secara default, Windows Defender juga menyediakan kontrol firewall dan jaringan, sehingga kamu dapat mengonfigurasi aturan untuk tiga jenis jaringan:

Domain Network – Jaringan di tempat kerja yang bergabung dengan domain
Private Network – Jaringan tepercaya di rumah atau di tempat kerja
Public Network – Jaringan publik seperti bandara dan restoran.

Nah terkait poin ini, kamu harus memilih jaringan yang benar benar kamu percaya, jika kamu terkoneksi kedalam jaringan Starbuck misalnya, gunakanlah konfigurasi Public Network, namun agar lebih aman, dalam penggunaan jaringan public, selalu gunakanlah akses vpn kepercayaan kamu.

Kesimpulan

Seandainya kamu hanya mengunakan Windows Defender, seharusnya system bisa terjaga dengan baik, percaya deh gak akan ada malware, ransomware, dan kawan kawannya, selama system Windows 10, dan Virus Definitions Windows Defender selalu di update, dan system selalu dirawat. Namun selalu pastikan bahwa kita sebagai brainware harus berhati hati juga, karena terkadang kita sendiri yang melakukan kesalahan padahal system sudah sangat baik menjaga dirinya sendiri.

Tips : Jangan gunakan Crack, Patch dan sejenisnya. Kalo pengen pake software pak tani, coba gunakan Serial Number Aja! (Baca Juga : Bahaya Pake Software Bajakan!)

Nah berikan pendapatmu mengenai hal ini dibawah.

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.