Setelah kita belajar mengenai Manual Focus, sekarang kita akan belajar tentang membuat foto dengan efek bokeh. Sebelum lanjut, apakah kamu tahu apa itu efek bokeh? Bokeh adalah efek blur yang dihasilkan oleh kamera karena bidang tersebut tidak berada pada jangkauan fokus kamera. Semua bagian gambar yang tidak fokus pada umumnya bisa disebut bokeh, namun pada tulisan ini saya hanya fokus pada bokeh yang dihasilkan oleh sumber cahaya seperti lampu atau sinar matahari dari celah-celah dedaunan di atas pohon.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bokeh

Dalam tulisan ini, saya menggunakan Lumia 620 dan software Lumia Camera. Penggunaan perangkat yang lebih canggih seperti Lumia 930, 1020, 1520, dan 950 akan menghasilkan gambar yang lebih baik. Salah satu kelebihan dari penggunaan Lumia Camera adalah sudah mendukung Manual Focus, sehingga kita bisa melakukannya dengan mudah tanpa harus menggunakan trik kunci fokus bahkan dengan manipulasi software. (Baca : Tips Fotografi Lumia: Mengoptimalkan Manual Focus).

Pertama, cari objek yang akan dijadikan foto bokeh. Saya menyarankan untuk mencari banyak sumber cahaya sebagai objek, seperti lampu perkotaan yang terlihat dari kejauhan, puluhan lilin yang menyala, lampu-lampu kendaraan, dan lain lain. Lalu buka Lumia Camera, dan cari pengaturan fokus. Untuk menghasilkan bokeh maksimal, gunakan fokus paling rendah. Efek yang dihasilkan akan seperti bulatan-bulatan menyala yang keren. Saya yang sedang berada di dalam mobil saat malam hari menjadikan lampu kendaraan di jalan raya sebagai objek.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bokeh

Bila dirasa kurang terang atau terlalu terang, bisa diubah kecerahannya secara langsung dengan pengaturan kecerahan / brightness, atau dengan menggunakan kombinasi shutter dan ISO.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bokeh

Untuk objek lampu perkotaan, contohnya adalah seperti ini.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bokeh

Untuk siang hari, kita bisa memanfaatkan sinar matahari yang muncul dari sela-sela dedaunan.

Tips Fotografi Lumia: Membuat Foto Bokeh

Lumayan kan? Apa kamu sudah mencobanya? Bagaimana hasilnya?

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.