Banyak orang yang meyakini bahwa spek adalah patokan utama memilih smartphone atau laptop/PC. Meskipun saya meyakini bahwa spek memengaruhi kinerja, namun percayalah: spek bukan segalanya! Jika kamu menginginkan pengalaman pengguna yang menyenangkan, maka (dalam konteks memilih laptop/PC) terkadang kamu harus melihat lebih dari sekedar deretan keterangan: processor | RAM | VGA | Storage. Misalnya kamu bisa mengajukan deretan pertanyaan: Apakah layarnya enak dilihat? Apakah touchpadnya mulus dan lancar untuk navigasi? Apakah keyboardnya enak dipakai mengetik? Apakah harganya bersahabat? Apakah build quality-nya bagus? Di mana letak audionya? Bagaimana skema pembuangan panasnya?

Nah, keseluruhan hal-hal semacam itu biasanya membentuk reputasi sebuah merek. Sebuah merek akan dianggap bagus jika dia berhasil memenuhi ekspektasi pengguna untuk pengalaman yang dirasakan, tentu saja juga nilai menurut harga yang ditawarkan. Blog Laptopmag setiap tahun membuat peringkat merek terbaik hingga terburuk laptop. Berikut ini daftar merek tingkat dunia yang berhasil masuk daftar 10 besar dari blog tenar ini.

Berikut saya juga akan menyajikan ulasan setiap merek sesuai dengan daftar penilaian dari Laptopmag tersebut.

 

1| Lenovo (86/100)

Lenovo meneruskan tradisinya tahun lalu untuk menempati peringkat pertama sebagai Laptop dengan nilai terbaik, dinilai menurut review, desain, dukungan & jaminan, inovasi, serta nilai dan jenis pilihan yang diberikan. Lenovo memiliki lini produk dengan kualitas yang menakjubkan, mulai dari Thinkpad X1 Carbon dan Yoga 920 yang ada di lini high end hingga lini low end yang memberikan pengalaman pengguna positif dan menakjubkan seperti Ideapad 120S. Dalam penelitian yang dilakukan laptopmag, 53% lini laptop Lenovo sangat memuaskan pembelinya.

 

2| HP (85/100)

HP membuat lompatan yang signifikan dari peringkat keempat menjadi peringkat kedua. Produk-produknya yang keren seperti Spectre x360, ZBook 17 dan HP Envy mengerek HP menjadi produsen yang paling banyak menjual produknya sepanjang tahun 2017. Sebuah prestasi yang membanggakan mengingat bahwa mereka merangkak dari bawah untuk mencapai prestasi ini.

 

3| Dell (82/100)

Meskipun tidak populer di kalangan low end (karena harga laptop ‘murah’ ala Dell masih cukup mahal), Dell terkenal memiliki build quality terbaik serta laptop yang anti mainstream. Misalnya lini Alienware khusus untuk gaming dan Dell XPS yang disebut-sebut sebagai laptop bisnis modern terbaik, bersaing dengan lini Thinkpad Lenovo.

 

4| Acer (81/100)

Acer populer memberikan spek dan pengalaman premium dengan harga murah. Sempat lekat dengan citra ‘laptop murah’, Acer banyak berbenah dan kini dianggap sebagai salah satu pilihan terbaik untuk nilai yang ditawarkan vs harga.

 

5| Asus (81/100)

Kunci daya saing Asus adalah mesin gamingnya yang inovatif seperti Zephyrus. Selain itu Asus juga terkenal memiliki layanan purna jual yang menyenangkan. ZenBook UX331UN dengan warna biru mewahnya juga sangat populer untuk penggemar Ultrabook.

 

6| Microsoft (77/1)

Microsoft tidak membuat banyak laptop, tapi kualitas yang ditawarkan adalah tingkat atas! Raksasa software ini juga memberikan contoh bagaimana OS miliknya seharusnya dijalankan dalam sebuah laptop.

 

7| Apple (72/100)

Apple terus menerus turun peringkat dalam beberapa tahun belakangan ini. Mereka memang nampaknya tidak lagi berfokus pada bisnis laptop seperti era sebelum mereka populer sebagai pembuat iPod. Apple tidak lagi inovatif seperti dulu dalam hal laptop. Meskipun demikian, di AS, layanan tech support dari Apple sangat terkenal menenteramkan penggunanya.

 

8| Razer

Razer adalah jaminan untuk laptop gaming premium. Meskipun mereka dikenal suka memberi harga ‘berlebihan’ untuk produk-produknya, namun tak dapat disangkal bahwa Razer Blade dan Razer Blade Pro merupakan produk yang menakjubkan. Razer juga terus melakukan inovasi seperti Project Linda dan Project Valerie yang dipopulerkan di CES 2018 awal tahun ini.

 

9| MSI

MSI adalah perusahaan yang memiliki nama besar di computer gaming. Namun tech support MSI kurang sigap memberikan pelayanan, menjadikannya tidak terlalu melejit di daftar laptop terbaik tahun ini.

 

10| Samsung

Samsung boleh jadi merupakan salah satu pembuat smartphone dan elektronik terbaik. Namun lini laptop buatan Samsung kurang bersinar meskipun potensial. Samsung dikenal sebagai pembuat layar terbaik di dunia, dan sebenarnya lini laptopnya juga dilengkapi hal ini. Namun kurangnya inovasi menjadikan merek ini kurang menarik perhatian bagi kalangan pengguna laptop.


Nah, daftar di atas mungkin bisa kamu jadikan pertimbangan dalam memilih laptop kamu berikutnya. Karena tentu saja dengan memilih merek yang memiliki performa bagus, kamu akan mendapatkan jaminan dukungan yang bagus dan komponen yang mudah diperoleh. Bagaimana pendapat kamu terhadap daftar di atas? Sumbangkan wawasan kamu di kolom komentar!

via: Engadget

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.