Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Wordpad?, meskipun memang aplikasi yang telah hadir sejak lama ini jarang digunakan, beberapa pengguna yang tidak menginstall aplikasi Microsoft Word di Windows mungkin akan sedikit terbantu dengan aplikasi Wordpad ini, meski memang tidak banyak hal yang dapat dilakukan seadvanced aplikasi Microsoft Office yang berbayar.

Nah Wordpad sendiri seperti yang telah kita tahu hampir tidak pernah mendapatkan kabar pembaruan, dan dapat dikatakan juga bahwa aplikasi ini mungkin telah Microsoft tinggalkan.

Namun, apakah kamu tahu mengenai aplikasi TowPad? aplikasi alternatif Wordpad yang berbasiskan UWP dan tampil dengan lebih modern?

Apa itu Towpad?

TowPad seperti yang telah dikatakan sebelumnya, aplikasi ini adalah aplikasi alternatif dari Wordpad namun tampil dengan lebih modern dengan berbasiskan UWP dan hadir dengan tampilan ala Windows 11.

Aplikasi ini sendiri tentu bukanlah buatan dari Microsoft, melainkan developer itsWindows11 yang dapat kamu lihat pada halaman GitHub berikut.

Nah dari gambar diatas, dapat kita lihat, TowPad memiliki sejumlah fitur yang sama persis dengan Wordpad, mulai dari opsi pemilihan Font, Text Align dan beberapa fitur lain seperti ad Hyperlink, Image dan lainnya.

Namun tentu membawa tampilan yang lebih modern dan menyesuaikan dengan tampilan Windows 11.

Tersedia Dark dan Light Mode

Berbeda dengan Wordpad yang tidak mendapatkan pembaruan, TowPad ini membawa pilihan tema yang lebih fleksibel dengan tersedianya Dark dan Light Mode yang dapat pengguna sesuaikan sesuai kebutuhan.

Tersedia di Windows 10 Minimal Build 17763 atau Windows 10 1809

Selain tersedia di Windows 11 dan Windows 10 terbaru, menariknya kamu juga bisa mendownload dan menggunakan TowPad di versi Windows yang lebih lama, seperti di Windows 10 Enterprise LTSC 2019 yang memang berbasiskan dari Windows 10 1809.

Open Source dan Gratis!

Nah yang menariknya, kamu bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis dan bahkan kamu juga bisa ikut berkonstribusi dalam pengembangan aplikasi tersebut.

Kamu bisa cek halaman GitHub berikut jika tertarik.

Aplikasi ini cukup menarik, karena TowPad menawarkan aplikasi Wordpad dengan tampilan yang lebih modern, tentu banyak yang berharap bahwa Microsoft-lah yang membawa pembaruan pada aplikasi Wordpad mereka, namun sayangnya hal tersebut mungkin akan lama untuk direalisasikan, mengingat Wordpad sendiri tidak banyak peminatnya.

Nah bagaimana menurutmu? apakah kamu pernah coba aplikasi Towpad? jika belum kamu bisa mendownloadnya pada halaman Microsoft Store berikut.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.