Home PC Trik Shutdown Secara Otomatis Setelah Download di uTorrent

Trik Shutdown Secara Otomatis Setelah Download di uTorrent

uTorrent merupakan salah satu torrent download manager yang paling banyak digunakan orang. Dan kebanyakan metode dengan menggunakan torrent (peer-to-peer) sering digunakan oleh file yang berukuran besar (5GB++), hal ini karena metode peer-to-peer memiliki banyak keuntungan seperti minimnya kemungkinan file akan error, serta proses download bisa dilakukan dimana saja meskipun berpindah PC.

Nah karena faktor “file gajah” itulah, akan membutuhkan proses download yang cukup lama. Kebanyakan orang akan meninggalkan PC begitu proses download dimulai, akan tetapi software uTorrent sendiri tidak memiliki opsi untuk mematikan PC begitu proses download telah selesai.

Untungnya kita masih bisa melakukan sedikit trik untuk membuat hal itu terjadi. Penasan? berikut langkah-langkahnya.

Shutdown Secara Otomatis Setelah Download dengan uTorrent

Pertama klik kanan pada file yang sedang menjalankan proses download lalu pilih Properties.

shutdown otomatis pada utorrent (1)

Kemudian navigasilah ke tab Advanced, lalu pilih Browse (yang ditandai dengan 3 titik) pada opsi Run Program.

shutdown otomatis pada utorrent (2)

Setelah jendela terbuka, navigasilah ke ‘C:\Windows\System32\’ lalu cari file Shutdown. Jika sudah klik open untuk melanjutkan proses.

shutdown otomatis pada utorrent (3)

Terakhir kamu dapat menambahkan argument -s untuk mengeksekusi Shutdown. Selain itu kamu juga bisa menambahkan argument -f jika ingin menutup paksa semua aplikasi yang berjalan dan -t XX (second) jika ingin memberikan jeda waktu. (Baca Juga : 2 Cara Membuat Auto Shutdown pada Windows Tanpa Aplikasi Pihak Ke-3)

Berikut contoh argument pada kasus saya. (Shutdown komputer dengan paksa dengan jeda waktu 60 detik /1 menit)

-s -f -t 60

shutdown otomatis pada utorrent (4)

Dengan begitu maka ketika proses download selesai, uTorrent akan langsung mengeksekusi perintah yang tadi dikonfigurasi.

That’s it!

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.