Home PC Tweak : Menambah Opsi “Copy as Path” pada Konteks Menu

Tweak : Menambah Opsi “Copy as Path” pada Konteks Menu

Tweak Menambah Opsi Copy as Path pada Konteks Menu (1)

Terdapat sebuah fitur kecil yang tersembunyi di Windows, dimana kamu dapat menyalin path/lokasi dimana file berada secara cepat, caranya dengan melakukan klik kanan pada file yang dipilih sembari menekan tombol SHIFT pada keyboard.

Akan muncul opsi “Copy as Path”, yang mana ini hanya muncul ketika kamu menahan SHIFT ketika file di klik. Jika menurut kamu hal ini cukup merepotkan, kamu dapat menggunakan tweak dibawah ini agar opsi “Copy as Path” dapat selalu muncul meskipun tanpa menahan tombol SHIFT.

Baca tweak Windows lainnya :

Menambah Opsi “Copy as Path” pada Konteks Menu

  1. Buka Notepad.
  2. Copy isi dibawah ini didalam Notepad.
    Windows Registry Editor Version 5.00
    
    [HKEY_CLASSES_ROOT\Allfilesystemobjects\shell\windows.copyaspath]
    @="Copy &as path"
    "Icon"="imageres.dll,-5302"
    "InvokeCommandOnSelection"=dword:00000001
    "VerbHandler"="{f3d06e7c-1e45-4a26-847e-f9fcdee59be0}"
    "VerbName"="copyaspath"
  3. Kemudian save file dengan nama bebas, tetapi dengan berakhiran (.reg). Misalnya disini WinPoin memberikan nama CopyAsPath.reg.Tweak Menambah Opsi Copy as Path pada Konteks Menu (2)
  4. Jalankan file tersebut dengan cara klik 2x. Ketika muncul peringatan, klik Yes dan OK. Dengan begitu maka file reg telah berhasil ditambahkan ke registry.
  5. Done.

Sekarang kamu dapat memunculkan opsi “Copy as Path” tanpa perlu menekan tombol SHIFT.

Tweak Menambah Opsi Copy as Path pada Konteks Menu (5)

Tweak ini dapat kamu aplikasikan hampir untuk semua versi Windows, seperti Windows 7, Windows 8.x dan Windows 10. Jika kamu memiliki pertanyaan, silahkan bertanya melalu kolom komentar. Semoga bermanfaat.

  Memindahkan Foto dari Smartphone ke Laptop, Tanpa Kabel!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.