Virtual Desktop, salah satu fitur unggulan sejak era Windows 10, dimana dengan Virtual Desktop, kita bisa memisahkan dan mengatur aplikasi pada area kerja berbeda, misalkan desktop 1 kita gunakan untuk membuka aplikasi multimedia, desktop 2 untuk game dan seterusnya.

Namun meskipun fitur ini memang keren, sayangnya virtual desktop masih kurang sempurna menurut saya, karena dengan tidak adanya informasi indikator secara langsung di taskbar, kita tidak tahu nomer virtual desktop mana yang kita gunakan.

Tetapi, ada satu aplikasi third party yang bisa menutupi kekurangan tersebut loh kawan kawan, namanya adalah Virtual Desktop Helper, dan seperti namanya, ini akan membantu kita mengatur Virtual Desktop di Windows 10 dan Windows 11 dengan lebih mudah loh.

Fitur yang hadir di Virtual Desktop Helper ini memang sederhana, dimana salah satunya adalah menampilkan informasi nomer desktop di bagian notificatons area, dan juga menampilkan nama desktop ketika kamu berpindah antara Virtual desktop.

Diatas adalah contoh informasi nomer desktop tepat saat ini kita gunakan, dan akan berubah seandainya kita berpindah ke virtual desktop lain, dengan indicator ini kita jadi tahu kita ada dimana tanpa harus menekan tombol Win + Tab atau klik pada icon Virtual Desktop di Taskbar.

Dan diatas adalah contoh ketika kita berpindah ke virtual desktop lain, dimana sesaat setelah kita masuk, kita akan diberikan informasi kita berpindah kemana.

Bahkan nih kawan kawan, kita bisa berpindah antara virtual desktop secara langsung dari aplikasi ini dengan menekan tombol prev/next di area Notifications area.

Oh iya, fitur tersebut harus kita aktifkan terlebih dahulu di Settings Virtual Desktop Helper > Show Previous / Next Desktop in Icon Tray.

Selain tiga fitur tersebut, Virtual Desktop Helper ini memiliki ukuran aplikasi yang terbilang sangat kecil, dimana hanya sekitar 200Kb saja dan tersedia baik sebagai file setup atau portable, selain itu ketika digunakan, aplikasi ini hanya menggunakan 10Mb RAM saja.

Jadi untuk kamu nih yang memang aktif banget menggunakan Virtual Desktop, menurut saya Virtual Desktop Helper ini cocok banget untuk kamu gunakan.

Jika tertarik mencoba nih, kamu bisa langsung saja mendownload Virtual Desktop Helper ini dari halaman GitHub berikut. Bagaimana menurutmu? apakah kamu sudah pernah coba aplikasi ini? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.