Home PC VMware vs VirtualBox, Lebih Bagus Mana?

VMware vs VirtualBox, Lebih Bagus Mana?

VMware vs VirtualBox, Lebih Bagus Mana?

Ketika memilih software virtualisasi untuk membuat virtual machine, kebanyakan orang bakal bingung memilih satu diantara dua: VMware vs VirtualBox.

Mungkin kamu juga salah satu diantaranya?

Untuk itu sebagai bagian dari seri VMware Academy: Jago VMware dalam 30 Hari, hari ini WinPoin akan membantu kamu untuk menentukan mana yang sebaiknya kamu pilih, VMware atau VirtualBox, dengan cara membandingkan beberapa faktor yang dimiliki oleh keduanya.

Note: Semua penjelasan disini berdasarkan dari pengalaman saya setelah menggunakan keduanya dalam beberapa tahun terakhir. Pengalaman kamu bisa jadi berbeda.

 

Harga

Untuk keperluan virtualisasi desktop non-komersial, baik VMware maupun VirtualBox bisa didapatkan secara gratis.

  • VMware Workstation Player = Free
  • VirtualBox = Free

Keduanya juga memberikan opsi upgrade untuk mendapatkan berbagai tambahan fitur jika memang diperlukan.

Jadi untuk masalah harga, terutama bagi keperluan virtualisasi desktop untuk penggunaan pribadi, baik VMware maupun VirtualBox bisa dianggap seri.

1 poin untuk keduanya.

 

Kompatibilitas Guest OS

Dari sepanjang yang saya gunakan, VMware jauh lebih friendly terhadap sistem operasi terbaru. Misalkan saja ketika awal perilisan Windows 10 Preview dulu, VMware sudah support OS tersebut tetapi VirtualBox belum.

Menginstall OS X di VirtualBox juga lebih mudah, daripada menginstallnya di VMware yang memang dengan sengaja di lock (meskipun sudah ada unlockernya yang bisa kamu download)

Jadi untuk urusan kompatibilitas dengan guest OS, VMware bisa dibilang lebih unggul dari VirtualBox.

1 poin untuk VMware.

 

Kompatibilitas Host OS

Berkebalikan dengan kompatibilitas untuk Guest OS, kompatibilitas untuk Host OS dimenangkan oleh VirtualBox.

Hal ini karena VirtualBox bisa diinstall dan dijalankan di Windows, Linux, dan OS X dengan mudah. Sedangkan VMware di Windows memang bisa diinstall dengan mudah, tetapi di Linux tidak semudah menginstall VirtualBox.

Untuk Menginstall VMware di Linux kamu perlu menjalankan beberapa command (yang sebenarnya juga mudah sih kalau kamu sudah terbiasa dengan terminal Linux, tetapi tidak semudah VirtualBox yang bahkan sudah ada di repository app hampir semua Distro).

Di OS X juga begitu, untuk VMware Workstation Player (Free) tidak bisa diinstall di OS X. Jika kamu pengguna OS X maka kamu harus upgrade ke versi VMware Fusion.

1 poin untuk VirtualBox.

 

Performa

Untuk urusan performa saat menjalankan virtual machine, VMware terasa lebih ringan dibandingkan dengan Virtual Box. Tidak hanya itu saja, VMware juga mampu memberikan user experience yang lebih smooth dibandingkan dengan VirtualBox.

1 poin untuk VMware.

 

Reliabilitas

Secara reabilitas VMware dan VirtualBox tidak begitu berbeda, hal ini karena keduanya menggunakan tipe Hypervisor yang sama yaitu Hypervisor Type 2.

Hypervisor Type 2 ini berjalan sebagai bagian dari proses yang dijalankan di sistem operasi.

VMware vs VirtualBox, Lebih Bagus Mana?

Hal yang sangat berbeda jika membandingkan VMware dan VirtualBox dengan Microsoft Hyper-V. Reliabilitas dan performa Microsoft Hyper-V tentu lebih efisien dan lebih baik dibandingkan dengan keduanya karena Hyper-V menggunakan Hypervisor Type 1 (bare-metal hypervisor), yang merupakan bagian dari sistem operasi itu sendiri.

VMware vs VirtualBox, Lebih Bagus Mana?

1 poin untuk keduanya.

 

Development

VMware merupakan closed source, dimana pengembangannya semua dilakukan oleh team engineer dari VMware. Berseberangan dengan itu, VirtualBox merupakan Open Source yang dikembangkan dengan sangat aktif dan terbuka oleh komunitas developer.

Untuk itu pemilihan karena faktor development ini terserah dari pilihan kamu sendiri. Jika memang lebih suka open source maka VirtualBox jawabannya, tetapi jika lebih suka closed source maka VMware siap untuk dipilih juga.

1 poin untuk keduanya.

 

VMware vs VirtualBox

Dari beberapa faktor pembanding diatas, VMware mendapatkan total 5 poin, sedangkan VirtualBox 4 poin. Jadi VMware berhasil mengalahkan VirtualBox di perbandingan VMware vs VirtualBox versi WinPoin.

Tetapi tentu dalam pemilihan ini kamu bisa memilih manapun yang kamu suka, apakah VMware atau VirtualBox, sesuai dengan kebutuhan kamu sendiri.

 

Itulah ulasan mengenai VMware vs VirtualBox versi WinPoin. Semoga ulasan ini membantu dan mempermudah kamu saat memilih software virtualisasi apa yang tepat buat kamu.

Jangan lupa pula ikuti tutorial VMware lainnya dalam seri VMware Academy: Jago VMware dalam 30 Hari.

Jago VMware Dalam 30 Hari — Panduan Lengkap VMware dari Pemula Hingga Mahir

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.