Kabar lain dari Windows 10, dimana akhirnya secara resmi versi Windows 10 1809 atau October 2018 Update sudah mencapai batas dukungannya, dimana untuk para pengguna Windows 10 Home dan Pro dengan versi tersebut, mulai pada tanggal 10 November 2020 kemarin, pengguna tidak akan lagi mendapatkan Cumulative Update atau Security Update atau perbaikan lainnya.

Dengan hal tersebut, pengguna direkomendasikan untuk segera melakukan update ke versi Windows 10 yang masih didukung Microsoft.

Sedangkan untuk pengguna Windows 10 1809 edisi Educations dan Enterprise, masih ada waktu sampai tahun depan, tepatnya masa dukungan akan diakhiri pada tanggal 11 Mei 2021.

Yang Keren di Windows 10 1809 dan Mengubah Windows 10 Selamanya

Seperti dengan apa yang dulu sempat saya tulis mengenai hal apa saja yang saya suka dari Windows 10 1809, ada beberapa hal keren di Windows 10 versi ini, dimana hal tersebut secara langsung telah mengubah Windows 10 selamanya. Apakah itu?

Dark Mode di File Explorer

Bagi yang belum tahu, di versi Windows 10 1803 atau yang lebih lama yang mendukung Dark Mode, bahkan jika Dark Mode diaktifkan, File Explorer masih menampilkan User Interface berwarna putih yang tentu kurang disukai pengguna akibat ketidak konsistenan ini.

Namun mulai versi 1809 atau October 2018 Update, Microsoft mulai memperbarui hal tersebut dengan menambahkan UI Dark Mode pada File Explorer ketika Dark Mode diaktifkan di Windows 10.

Snip & Sketch

Jika kamu suka dengan Tool Screenshot ini, kamu harusnya sudah tahu bahwa awalnya tool ini mulai diperkenalkan di Windows 10 1809, dan tentu hingga kini tool ini sudah mendapatkan banyak pengembangan dan perbaikan.

Bagi yang belum tahu, Tool ini dapat kamu akses via Start Menu atau langsung menggunakan tombol kombinasi Win + Shift + S.

Clipboard History

Nah fitur ini adalah salah satu fitur favorit saya hingga kini, dimana dengan fitur ini kamu bisa melihat apa saja yang telah kamu copy di clipboard untuk selanjutnya memilih dan melakukan paste pada daftar disana.

Cukup dengan menekan Win + V, kamu bisa membuka fitur ini.

Namun jika kamu belum mengaktifkan fitur ini, silahkan kamu meluncur ke Settings > System > Clipboard > Aktifkan Clipboard History.

Timeline

Dulu di Windows 10 1803 atau dibawahnya, meskipun ada Virtual Desktop atau biasa orang menyebutnya sebagai Task View, di versi tersebut tidak ada dukungan Timeline yang akan menampilkan beberapa hal yang sering atau terakhir dibuka.

Dan di Windows 10 1809 ini, fitur timeline akhirnya diperkenalkan, bersamaan dengan berubahnya icon Taskview yang hingga sering kita lihat.

Namun meskipun begitu, sejak fitur ini diperkenalkan, hingga kini saya masih kurang suka dengan Timeline ini, karena memang secara langsung dia akan menampilkan hal apa saja yang telah kita buka terakhir kali, entah itu audio, video, dokumen, termasuk data penelitian super yang saya simpan dan saya jaga selama ini.

Pengguna Direkomendasikan Untuk Melakukan Update

Berhubung dengan end of support Windows 10 1809 yang sudah ditentukan, pengguna direkomendasikan untuk melakukan update ke versi Windows 10 yang masih didukung, bisa itu versi 1903, 1909, 2004 atau 20H2, namun jika pengguna melakukan klik check for update di Windows Update, ada kemungkinan pengguna akan ditawarkan versi Windows 10 terbaru, entah itu 2004 atau 20H2.

Nah apakah kamu sudah melakukan Update? komen dibawah guys.

  Noise Cancelling Earphone Terbaik! Review Bose QuietComfort Earbuds Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.