Berdasarkan informasi yang beredar, Windows 10 21H2 mungkin akan dirilis sekitar pertengahan bulan ini, meski memang detail resmi mengenai release date belum diumumkan Microsoft. Lalu apa saja sih hal keren dari OS ini? mengingat mungkin bagi sebagian orang Windows 10 sudah kurang populer dan kalah saing jika dibandingkan dengan Windows 11.

Oke mari kita bahas.

Hanya Enablement Package

Sama seperti Windows 10 20H2 dan 21H1, Windows 10 21H2 kabarnya akan menjadi Enablement Package dengan kata lain update yang dihadirkan tidak akan besar (jika kamu menggunakan Windows 10 21H1 sebelumnya), selain itu karena masih berbasiskan dari Windows 10 2004, maka tentu OS ini akan lebih stabil dibandingkan generasi Windows 10 lainnya, apalagi jika itu dibandingkan dengan Windows 11.

Bawa Beberapa Fitur Baru Penting

Meski tidak akan membawa banyak perubahan dari segi tampilan dan fitur utama, namun Windows 10 21H2 kabarnya akan membawa dukungan WPA3 H2E untuk meningkatkan keamanan Wi-Fi, berdasarkan dari artikel Cisco, WPA3 H2E secara komputasi jauh lebih efisien daripada pendahulunya dan juga tahan dari side channel attack yang digunakan oleh hacker untuk mencuri kredensial. Fitur tersebut tentunya akan disambut baik oleh orang-orang yang aktif terlibat dalam komunitas cybersecurity.

Selain itu, kabarnya Windows 10 21H2 juga akan membawa sebuah deployment method baru untuk Windows Hello for Bussiness yang dipanggil dengan Cloud Trust. Kamu bisa memperlajari mengenai Windows Hello for Bussiness pada halaman berikut.

Nah selain itu fitur lain yang juga dikabarkan akan hadir di Windows 10 21H1 adalah dukungan Komputasi PU di Windows Subsystem for Linux dan Azuere IoT Edge for Linux on Windows (EFLOW). Ini tentunya akan bermanfaat untuk memfasilitasi AI dan beban kerja Intensif dari sumber daya lainnya. Bagi kamu yang belum tahu, EFLOW memungkinkan orang untuk menjalankan beban kerja cloud-native berbasis Linux Productions di Windows IoT dan juga untuk menyebarkan modul Linux IoT Edge ke perangkat Windows IoT. 

Akan Tersedia Versi LTSC

Jika kamu adalah pengguna Windows 10 Enterprise LTSC, maka ini kabar baik, karena selain merilis Windows 10 21H2 Semi Annual Channel yang mendapatkan dukungan hingga 18 bulan, Windows 10 21H1 juga akan dijadikan dasar dari versi Windows 10 LTSC selanjutnya dan akan menggantikan Windows 10 LTSC 2019.

Tentu dukungan untuk LTSC kini dikurangi menjadi 5 tahun saja ( Baca Juga : Kebijakan Baru, Windows 10 LTSC Nantinya Hanya Didukung Selama Lima Tahun!).

Fitur Masih Oke

Meski Windows 11 secara fitur memang membawa banyak hal baru, namun tidak semua orang suka dengan Taskbar Windows 11 yang bahkan tidak memiliki Context Menu selain masuk ke halaman pengaturan saja. Di Windows 10 21H2, kamu akan mendapatkan apa yang sudah hadir di Windows 10, mulai dari fitur, dukungan, dan lainnya, dan selain itu kabarnya Windows 10 sendiri masih akan mendapatkan dukungan hingga tahun 2025 dan itu masih cukup panjang.

Baca Juga : Fitur Yang Diinginkan Banyak Orang Hadir di Windows 11

Nah sekian saja mungkin artikel kali ini, selanjutnya mari kita tunggu perilisan dan pengumuman resminya dari Windows 10 21H2 ini, dan di artikel selanjutnya kita akan membahas mengenai Lima Alasan Kenapa kamu tidak perlu Upgrade ke Windows 11, jadi stay tune di WinPoin ya guys.

Terima kasih.

Referensi : Neowin,

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.